Arti Biarlah Menurut Kbbi

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Pengertian Biarlah

Biarlah adalah kata yang sering digunakan dalam bahasa Indonesia. Kata ini memiliki arti yang berbeda-beda tergantung dari konteks penggunaannya. Berikut adalah beberapa pengertian biarlah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi online.

Pengertian Biarlah menurut KBBI

1. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), biarlah memiliki arti “biarkanlah” atau “bolehlah”. Kata ini digunakan untuk memberikan izin atau memperbolehkan sesuatu.

2. Biarlah juga dapat berarti “aku akan membiarkannya” atau “aku tidak akan ikut campur”. Kata ini digunakan untuk menunjukkan sikap pasrah atau tidak ingin ikut campur dalam suatu masalah atau keadaan.

3. Selain itu, biarlah juga dapat berarti “biarkan saja” atau “tak apa-apa”. Kata ini digunakan untuk menunjukkan sikap tidak perduli atau acuh tak acuh terhadap suatu hal.

Contoh Penggunaan Biarlah dalam Kalimat

1. Ayo, biarlah dia pergi sendiri. Dia sudah cukup dewasa untuk mengurus dirinya sendiri.

2. Biarlah mereka memutuskan sendiri. Kita tidak perlu ikut campur dalam masalah mereka.

3. Biarlah cuaca buruk tidak menghalangi perjalanan kita. Kita tetap harus melanjutkan perjalanan ini.

Antonim Biarlah

Antonim dari kata biarlah adalah “janganlah” atau “tidak boleh”. Antonim ini digunakan untuk melarang atau membatasi sesuatu.

Sinonim Biarlah

Beberapa sinonim dari kata biarlah antara lain “boleh” dan “izinkan”. Sinonim ini memiliki arti yang sama dengan biarlah yaitu memberikan izin atau memperbolehkan sesuatu.