Arti Asosial Menurut Kbbi

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Pengertian Asosial

Asosial adalah sebuah kata dalam bahasa Indonesia yang diambil dari bahasa Belanda, yaitu a-sociaal. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dapat diakses di situs web https://kbbi.web.id, asosial memiliki beberapa pengertian. Berikut adalah pengertian asosial menurut KBBI:

1. Tidak Sosial

Pengertian asosial yang pertama adalah tidak sosial. Artinya, seseorang yang asosial cenderung menghindari interaksi sosial dengan orang lain. Mereka lebih suka menyendiri dan jarang bergaul dengan orang lain. Hal ini bisa disebabkan oleh kepribadian introvert atau juga karena masalah sosial yang dialami oleh individu tersebut.

2. Tidak Menjalankan Tugas Sosial

Arti asosial yang kedua adalah tidak menjalankan tugas sosial. Dalam masyarakat, setiap individu memiliki tanggung jawab sosial untuk menjalankan peran dan tugasnya. Namun, individu yang asosial cenderung tidak melaksanakan tugas sosialnya dengan baik. Mereka lebih fokus pada kepentingan pribadi tanpa memperhatikan kepentingan bersama.

3. Tidak Mengikuti Norma Sosial

Pengertian asosial yang ketiga adalah tidak mengikuti norma sosial yang berlaku. Setiap masyarakat memiliki aturan dan norma yang harus diikuti untuk menjaga ketertiban dan keharmonisan. Namun, individu yang asosial sering kali tidak memperhatikan atau bahkan melanggar norma-norma sosial ini. Mereka cenderung melakukan tindakan yang dianggap tidak pantas atau tidak sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat.

Contoh Penggunaan Kata “Asosial” dalam Kalimat

Untuk memahami penggunaan kata “asosial” dalam kalimat, berikut adalah beberapa contohnya:

1. Ani sering kali tidak ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial di lingkungan sekitar. Dia terkenal sebagai orang yang asosial.

2. Budi tidak pernah membantu tetangganya ketika mereka membutuhkan bantuan. Ia dianggap sebagai sosok yang asosial.

3. Pak Tono sering kali melanggar aturan lalu lintas. Sikapnya yang asosial ini membuat banyak orang kesal.

Antonim Asosial

Berikut adalah beberapa antonim atau kata-kata dengan makna kebalikan dari “asosial”:

1. Sosial

2. Bersosialisasi

3. Ramah

4. Terbuka

Sinonim Asosial

Berikut adalah beberapa sinonim atau kata-kata lain yang memiliki makna yang sama atau mirip dengan “asosial”:

1. Tidak Bergaul

2. Menyendiri

3. Egois

4. Individualis

Demikianlah penjelasan mengenai arti asosial menurut KBBI. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memahami makna dari kata “asosial”.