fbpx

Insight

Apa yang memotivasi orang untuk menyebarkan konten?

alasan orang membagikan konten
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Konten terakhir yang baru kamu posting mungkin tidak mendapat begitu banyak likes dan share.

Padahal menurut kamu konten itu sudah menarik perhatian dimana sangat informatif dan menghibur. Membuat penasaran, mengapa ya bisa sepi?

Nah sebenarnya kamu harus tau dulu nih, ada 4 alasan apa yang membuat netizen membagikan konten tadi:

1. Keterlibatan orang dengan informasi atau produk tersebut. Contohnya begini, misalkan orang tersebut pernah melihat atau merasakan langsung informasi tadi. Kalau kita perhatikan, akhir-akhir ini sering ga sih kita disuguhkan konten-konten yang berisi memori masa kecil seperti “Jajanan Anak 90an” atau meme “Mari kita bikin pusing anak zaman sekarang”. Apabila audiens kita pernah mengalami hal yang menyenangkan itu, semakin besar peluang mereka untuk membagikannya.

2. Self-involvement yaitu ketika audiens kita merasa sangat bangga dan hebat menjadi orang yang paling informatif pertama kali membagikan informasi tadi. Seperti contoh, kamu adalah orang yang pertama kali membagikan infografis di Instagram tentang peringkat anak muda terkaya di Indonesia saat ini.

3. Other-involvement, membagikan informasi ini kamu ingin membantu orang lain di sekitar. Seperti membagikan data dari Google mengenai tren konsumsi digital masyarakat Indonesia yang berguna untuk para marketer atau pebisnis.

4. Message-involvement yaitu keterlibatan dengan pesan tersebut. Misalkan membagikan quotes dari sosok inspiratif. Maka tidak heran juga ada akun Instagram yang hanya berisi quotes dari banyak tokoh.

Selain keempat motivasi tadi, kamu juga harus tau siapa saja yang termotivasi atau dengan kata lainnya kamu harus tau persona audiens yang kamu tuju. Pelajari trik membuat konten yang membuat orang ingin membagikannya dengan kriteria di atas, kamu bisa belajar online di sini. Ada Diskon tambahan 20% untuk pembelian kelas pertama dan cashback Rp 50.000,- untuk bisa digunakan di kelas berikutnya.

Berikan komentar