Apa Kabar LRT Jakarta Velodrome-Manggarai? Ini Progresnya di Rawamangun

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Jakarta -

PT Jakarta Propertindo (JakPro) melaporkan progres proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jakarta Fase 1B rute Velodrome-Manggarai. Saat ini, proyek telah mencapai pengangkatan balok girder pada tumpuannya alias 'erection girder'.

"Girder ini merupakan salah satu struktur penopang utama untuk lintasan rel kereta LRT Jakarta," kata Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin, dilansir Antara, Minggu (28/4/2024).

Iwan menjelaskan, pengangkatan girder untuk pertama kali ini dilakukan di area Jalan Pemuda, Rawamangun, tepatnya pada area span P06-07B, yang berdekatan dengan Jakarta International Velodrome (JIV) dan Mall Arion.

"Girder yang digunakan adalah jenis PCU girder dengan panjang 31.5 meter, yang setiap spannya bakal digunakan dua (2) buah PCU girder untuk menopang dua (2) jalur rel yang nantinya dibangun pada tahapan selanjutnya," jelasnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Iwan menambahkan, sebelum melakukan proses pengangkatan girder, tim JakPro (Perseroda) dibantu pihak project management consultant (PMC) dan kontraktor, menyusun 'safety' dan 'risk analysis' mengenai metode pengangkatan secara matang.

"Setelah itu dilakukan sertifikasi terhadap perangkat angkat yang berupa pengecekan 'non-destructive test' (NDT) dan 'wire sling' oleh tim penilai PJK3 Disnaker," katanya.

Iwan juga menjelaskan aspek keamanan selalu menjadi poin utama dalam pekerjaan proyek LRT Jakarta, tentunya diterapkan dalam pengerjaan pengangkatan girder ini.

Setelah proses pengangkatan girder ini, fase bangunan selanjutnya, ialah diafragma alias penyambungan dua girder untuk dijadikan satu kesatuan struktur bangunan.

"Setelah tahapan ini selesai, selanjutnya bakal dikerjakan bangunan 'slab deck' yang menjadi lantai kerja guna pekerjaan 'track work', seperti pemasangan 'sleeper' dan juga 'rail track'," katanya.

Pembangunan LRT Jakarta Fase 1B dengan rute sepanjang 6,4 kilometer (km) melewati lima stasiun yang menghubungkan Velodrome-Manggarai telah memasuki pekan 31 pada minggu ke-3 April 2024.

"Ditargetkan per September 2024 dapat dilakukan 'test track', kereta dapat melangkah dari Stasiun Velodrome sampai Stasiun Rawamangun," katanya.

Proyek LRT Jakarta Fase 1B telah memenuhi persentase pembangunan sebesar 10,4291 persen yang mengindikasikan deviasi positif terhadap keseluruhan rencana proyek LRT Jakarta.

(taa/imk)