Apa itu North Star Metric dan Bagaimana Cara Menentukannya

Bagikan

Hai sobat bizlab, untuk kamu yang sedang membangun bisnis atau akan memulainya tentu saja harus bersiap dengan berbagai permasalahan yang nantinya akan kamu hadapi. Mulai dari masalah paling sederhana hingga kompleks. 

Kamu harus bersiap untuk selalu berinovasi, evaluasi, dan mengembangkan bisnismu. Memang tidak mudah tentu saja. Untuk itu kamu diperlukan untuk menyusun dan mengatur strategi bisnis terbaikmu. 

Salah satunya dalam menentukan matrik pertumbuhan dalam bisnis yang harus benar-benar diperhatikan. Salah satu matrik yang tepat untuk membangun bisnis adalah North Star Metric. 

Apa itu North Star Metric? Berikut penjelasan singkat dan beberapa keunggulannya. 

Sebelumnya, yuk ulas asal usul North Star Metric.Menurut beberapa sumber salah satunya menurut aan setianto yang dikutip melalui laman pribadinya,  secara harfiah north star diartikan sebagai bintang utara yang lokasinya di atas kutub utara. 

North Star tak pernah berpindah tempat, tak pernah terbit atau tenggelam. Karena sifatnya tersebut, orang jaman dahulu memakainya sebagai petunjuk arah. Istilah tersebutlah yang kemudian digunakan oleh kebanyakan perusahaan atau organisasi sebagai metrik (ukuran) terhadap pencapaiannya. 

North Star Metric merupakan sebuah matrik yang mengukur apakah core value bisnis kamu sampai pada customer atau tidak. Konsep matrik ini konsep yang ramai digunakan di Silicon Valley yang diaplikasikan untuk membantu pertumbuhan startup. 

Bagaimana Metode Ini Dapat Membantu Bisnis kamu?

Penggunaan matrik yang memberikan informasi apakah customer melihat value pada produk yang kamu tawarkan. Salah satu contohnya adalah Facebook yang menggunakan NSM dengan melihat jumlah user aktif setiap harinya. 

Lantas bagaimana menentukan North Star Metric? 

Dalam menentukan sebuah metrik, biasanya terdapat banyak data yang diperoleh pada sebuah perusahaan atau organisasi yang sedang berjalan. Beberapa di antaranya seperti jumlah transaksi, omzet, traffic pada sales, user yang aktif dan lain sebagainya. Data-data tersebut yang biasanya akan dijadikan sebagai metrik utama atau bahkan data pendukung metrik utama. 

Salah satu contohnya untuk menentukan NSM kamu harus melihat produk yang ditawarkan memberikan nilai kepada pelanggan. Salah satunya dengan melihat keterlibatan pengguna dan tingkat aktivitas. Metrik ini akan membantumu dalam meningkatkan atau menciptakan mekanisme yang pada akhirnya mendorong produktivitas dalam pertumbuhan bisnis. 

Tentu saja terdapat beberapa pertimbangan sebelum menentukan NSM, menurut Aan setianto, beberapa pertimbangan tersebut adalah

  1. Metrik dapat menjadi indikasi bisnis kamu sudah berjalan ke arah yang benar
  2. Metrik tersebut harus merefleksikan terhadap keterikatan dan tingkat keaktifan customer/client/user
  3. Metrik harus mudah dimengerti dan dikomunikasikan kepada seluruh tim yang terlibat
  4. Metrik harus mengindikasikan bagaimana pengalaman customer terhadap nilai utama produk

Menentukan NSM juga dipertimbangkan melalui model bisnis apa yang sedang kamu jalankan ya. Apakah bisnis merupakan model bisnis advertising, usage based, e-commerce, marketplace, enterprise, atau lain sebagainya. Sehingga nantinya kamu dapat menentukan matrik yang tepat dan sesuai model bisnismu. 

Perlu diketahui terdapat beberapa jenis-jenis matrik diantaranya adalah:

Revenue, Monthly Revenue, Monthly Recurring Revenue, Annual Recurring Revenue, Revenue Compound Monthly Growth Rate, MRR CMGR, Gross Merchandise Value, Net Revenue, Net Revenue CMGR, Gross Transaction Volume, Gross Margin, Paid Customer Acquisition Cost, Contract/Booking, Total Customer, Gross Churn, Gross MRR Churn, Retention, Daily Active User, Monthly Active User, Monthly Logged-in User, Customer Lifetime Value, Monthly Usage, Average Revenue Per Use. 

Apa saja keunggulan NSM? 

Dapat mengoptimasi produk Anda 

Menggunakan NSM dapat meningkatkan value yang lebih untuk pelanggan kamu agar mereka tidak berhenti menggunakan produk. Tentu saja hal tersebut akan meningkatkan pertumbuhan dan pendapatan perusahaan. 

Mendorong pertumbuhan yang cepat dan berkelanjutan 

Dengan menggunakan strategi ini, diharapkan perusahaan dapat memberikan dampak yang baik dan berkelanjutan untuk bisnis yang dijalankan karena NSM berfungsi penting dalam menyelaraskan tim bisnismu. 

North Star Metric memang terdengar masih cukup asing, tapi metode inilah yang cukup baik dan berdampak pada beberapa startup dunia yang juga menggunakan metode ini seperti facebook, airbnb, quora, dan lainnya. 

Untuk kamu yang sedang mengembangkan usaha rintisan tak ada salahnya untuk menambah ilmu terkait NSM ini. Tentu saja hal tersebut dapat memberikan dampak yang baik untuk perkembangan dan pertumbuhan bisnis yang kamu rintis. 

Tertarik untuk mempelajarinya? yuk gabung di kelas Bizlab “Sukses Berbisnis Ala Facebook dengan North Star Metric” yang dipandu oleh Arif Tirtana. Kamu dapat langsung mendaftar   bergabung dengan kelas Bizlab satu ini.

Leave a Reply