Apa Itu Microlearning? Berikut Penjelasan Beserta 4 Manfaatnya

pexels-photo-5053741.jpeg
Bagikan

Semakin maraknya perkembangan teknologi, semakin banyak pula berbagai inovasi model pembelajaran yang dilakukan oleh banyak pengajar. Terlebih lagi saat pandemi seperti ini, pembelajaran model digital atau bisa juga dikatakan e-learning semakin banyak dibutuhkan dan digunakan.

Tak hanya metode e-learning, saat ini banyak juga pengajar yang menggunakan metode belajar microlearning yang dirasa lebih efektif digunakan.

Jadi, Apa Sih Microlearning?

Microlearning juga bisa disebut dengan pembelajaran dengan jangka pendek. Metode belajar dengan skala kecil yang mana digunakan sebagai strategi untuk merancang konten dengan segmen-segmen kecil dan lebih terfokus.

Dalam metode microlearning pengajar dapat membuat berbagai konsep pembelajaran mulai dari teks, video, gambar, audio, tes dan kuis, bahkan game dalam proses pembelajaran. Menggunakan metode ini, materi yang disampaikan lebih singkat mungkin sekitar 1-3 menit bahkan hanya berupa infografis saja.

Mengapa Microlearning? Dan Apa Manfaanya?

Oke, kini Sobat Bizlab sudah mengerti secara singkat metode pembelajaran microlearning? Metode belajar dengan singkat, padat, dan praktis ini memiliki beberapa manfaat. Berikut ini manfaatnya.

Lebih Cepat Tersampaikan

Dengan metode ini, penyampaian yang dibuat akan lebih cepat dan singkat sehingga menghasilkan waktu belajar yang cukup lebih cepat. Selain materi yang tersampaikan lebih cepat, para murid juga juga lebih cepat paham mengenai materi yang disampaikan pengajar.  

Lebih Terjangkau

Dengan menggunakan metode ini, materi pembelajaran yang diproduksi lebih terjangkau karena membutuhkan lebih sedikit sumber daya dan instruktur. Selain itu konten yang dibuat juga tidak membutuhkan banyak alat sehingga pembelajaran menjadi lebih mudah dilaksanakan.

Fleksibel

Microlearning memungkinkan para pengakses lebih fleksibel dan mudah. Hal ini karena materi dapat dibuat sewaktu-waktu sehingga lebih memudahkan siapa saja khususnya pelajar dalam membuka atau mengakses kembali konten tersebut.

Selain manfaat di atas, metode ini juga memiliki kelebihan yaitu materi yang disajikan lebih spesifik karena disertai dengan cotnoh praktik yang sesuai dengan masalah yang ditemukan (study case).

Itulah beberapa manfaat dan pengertian singkat mengenai metode pembelajaran dengan microlearning.

Mau coba bagaimana belajar dengan microlearning? Cobain WA Series, konsep microlearning ala Bizlab yang memanfaatkan WhatsApp untuk mengirimkan materi. Coba kursus gratis “Membuat Konten, Mendapat Penghasilan dan Pemasaran di Instagram” klik di sini.

Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply