Unik, Kerjaan Mystery Shopper Justru Nyuruh Kamu Buat Belanja

Bagikan

Pekerjaan Mystery Shopper ini unik banget, sih. Terutama untuk Sobat Bizlab yang hobi belanja, pekerjaan ini rasanya cocok banget.

Pekerjaan ini sebenarnya sudah muncul sejak beberapa tahun silam. Jauh di 2013, pekerjaan ini sudah eksis. Semakin maraknya online shop dan clothing brand baru yang muncul saat ini membuat pekerjaan ini makin ramai.

Sebenarnya, apa aja sih yang dikerjakan seorang Mystery Shopper?

Dilihat dari namanya saja, kita tentu mendapatkan dua buah kata: Mystery dan Shopper. Mystery berarti misteri, alias nggak ada siapapun yang tahu tentangnya. Shopping berarti belanja.

Mystery Shopper berarti orang yang melakukan kegiatan pembelanjaan secara misterius.

Jangan bayangkan kalau mereka adalah mereka yang melakukan kegiatan pembelanjaan dengan pakaian ala detektif. No!

Maksud misterius disini adalah melakukan kegiatan pembelanjaan tanpa diketahui maksud dan tujuan oleh pemilik toko, pegawai maupun satpam toko.

Memangnya apa sih tujuan Mystery Shopper belanja?

Secara profesional mereka akan mengevaluasi segala hal mengenai pelayanan public yang dilakukan oleh toko tersebut. Hal-hal seperti kebersihan lantai, cara staff toko berinteraksi dengan pelanggan dan bagaimana satpam memperlakukan pengunjung juga akan dievaluasi.

Itulah mengapa, ketika mereka bekerja, mereka akan membawa peralatan penunjang untuk merekam aktivitas pelayanan toko. Ada recorder kecil, handphone, spy cam, dan alat-alat lain untuk dokumentasi. Biasanya, mereka akan menggunakan alat-alat tersebut secara tersembunyi tanpa diketahui staff toko.

Layaknya pengunjung biasa

Seorang Mystery shopper tidak punya identitas maupun seragam khusus. Ini memang sengaja untuk membuat staff toko tidak mengetahui keberadaan mereka.

Lantas, apa sih benefit yang didapatkan dari pekerjaan ini?

Tentu saja, karena pekerjaan ini professional, kamu akan mendapatkan benefit berupa fee. Besarannya sih tergantung penyedia jasanya, ya. Kebanyakan memang direkrut oleh pihak ketiga. Ada pula yang mendapatkan benefit berupa uang belanja.

Terus, bagaimana caranya untuk memulai karir di bidang ini?

Beberapa penyedia jasa biasanya merekrut secara diam-diam tanpa publish. Namun, beberapa penyedia jasa juga merekrut member lewat situs freelancer.

Leave a Reply