9 Tools Social Media Marketing Yang Harus Kamu Punya di 2021

Bagikan

Sudah siap untuk meningkatkan sosial media kamu? Kalau kamu ingin pemasaran sosial media kamu ingin lebih efektif, tentunya kamu akan memerlukan alat-alat yang tepat untuk memasarkan media sosial kamu. 

Namun sebelum itu, sudah tau belum kalau pemasaran sosial media itu penting? Dalam waktu kurang dari 10 tahun, media sosial sudah menjadi bagian penting dalam hidup kita. Dijaman yang canggih saat ini memasarkan lewat sosial media adalah jalan yang tepat.

Namun, media sosial yang hebat tidak terjadi begitu saja dalam kurun waktu semalam. Media sosial yang hebat adalah yang memikirkan strategi pemasarannya dan lain-lain. Hal ini tentunya dibuat dengan cermat, dikelola, dan diukur strateginya agar kuat dan jelas. Untuk mewujudkan semua visi strategis yang kamu miliki, tentunya kamu harus mengikuti tren, praktik, dan alat terbaru.

Gambar oleh Tammy Duggan-Herd dari Pixabay

9 Tools Social Media Marketing

Suda tahu alat pemasaran media sosial mana yang terbaik untuk bisnis milikmu? Bizlab akan membagikan 9 alat yang dapat membantu pemasaran media sosial kamu, yuk kita simak bersama.

Google Analytic

Sumber/ google analytics

Google Analytics adalah salah satu tool dari Google. Tool ini adalah tool terbaik yang bisa kamu gunakan untuk melihat perkembangan di berbagai platform media sosial milik kamu. Selain itu, kamu bisa mengetahui dari mana saja dan berapa banyak audiens yang datang dari setiap halaman. Tak hanya itu, untuk menggunakan Google Analytics, kamu tidak akan dikenakan biaya. Kamu hanya perlu menyiapkan situs dan akun media sosial.

MeetEdgar

Tampilan laman MeetEdgar – alat pemasaran media sosial

Apakah kamu perlu tool untuk mengelola konten mu? Jika iya, MeetEdgar adalah salah satu tools yang dapat menangani berbagai konten kamu dan mengoptimalkan lalu lintas sosial.

MeetEdgar adalah pengelola konten otomatis yang berguna. Meedgar bekerja dengan profil Facebook, Twitter, dan LinkedIn kamu melalui plugin web. Tak hanya itu, kamu dapat membuat saluran sosial yang diisi dengan postingan dan check-in dari mana pun kamu berada menggunakan ponsel. MeetEdgar juga dilengkapi penyingkat URL dengan pelacakan klik dalam aplikasi yang berarti kamu juga dapat mengikuti klik tersebut.

Hootsuite

Tampilan laman Hootsuite – alat pemasaran media sosial

Hootsuite telah menangani banyak akun media sosial dan memasukkannya ke dalam satu login ke dalam satu dasbor. Kamu bisa mendaftarnya secara gratis. Hootsuite menjadi salah satu alat manajemen media sosial paling populer. Di samping itu, manfaat utamanya adalah kamu dapat melihat semua komentar dan sebutan di satu tempat, kamu juga dapat menetapkan tugas, merencanakan kalender media sosial, dan menjadwalkan pembaruan

Optinmonster

Tampilan laman Optinmonster – alat pemasaran media sosial

Optinmonster adalah alat penghasil prospek yang kuat yang memungkinkan melibatkan banyak pengunjung pada saat yang tepat untuk media sosialmu. Alat ini memiliki template drag-and-drop untuk membangun lightbox yang menakjubkan secara visual, popup, dan halaman arahan yang menangkap petunjuk. Segala sesuatu mulai dari mengembangkan milis Anda hingga memulihkan keranjang yang ditinggalkan dapat diselesaikan menggunakan seperangkat alat luar biasa dari OptinMonster.

Tweepi

Tampilan laman Tweepi – alat pemasaran media sosial

Tweepi adalah alat pada sosial media Twitter yang membantu kamu untuk mendapatkan lebih banyak pengikut. Alat ini akan menemukan pengguna yang relevan dengan topik kamu. Kemudian kamu juga dapat melibatkan pengguna tersebut dengan menyebut mereka dalam tweet, menambahkan mereka ke daftar, atau mengikuti mereka. 

Sprout Social

Tampilan laman Sproutsocial – alat pemasaran media sosial

Sproutsocial adalah alat pemasaran media sosial yang lengkap untuk membantu memanage dan mengontrol agar menjadi lebih baik. Tool ini adalah fitur akses multi-level yang memudahkan manajer untuk mengkoordinasikan dan mendelegasikan tugasnya kepada anggota tim yang lain.

Selain itu tool ini menghadirkan kemampuan penjadwalan posting lengkap, platform analitik terperinci, dan bahkan alat pendengar sosial. Semua ini berguna untuk mengoptimalkan konten dan memahami bagaimana berbagai demografi berinteraksi di media sosial.

Social Oomph

Tampilan laman Socialoomph – alat pemasaran media sosial

Socialoomph, saat pertama kali melihatnya mungkin tampak lebih sederhana daripada beberapa aplikasi lain di daftar ini. Namun fungsionalitas dari SocialOomph-nya yang menjadikannya sebagai penjaga. Hal ini dikarenakan SocialOomph memudahkan untuk mengupload banyak postingan sekaligus, lalu menjadwalkan kapan setiap postingan dipublikasikan. Kamu juga memiliki kendali penuh, kapan dan dimana konten kamu akan ditayangkan serta dapat mengelola banyak platform sekaligus. Eits, tapi tunggu dulu ya, masih ada lagi. SocialOomph juga menawarkan fitur dan alat analisis pengikut yang intuitif untuk meningkatkan keterlibatan pemirsa. 

Buffer

Tampilan laman Buffer – alat pemasaran media sosial

Alat pemasaran media sosial yang satu ini adalah Buffer, salah satu alat yang paling dikenal di industri media. Buffer dapat menjadwalkan semua jenis postingan di semua platform yang kamu inginkan. Kamu bisa memilih kapan akan mengotomatiskan postingan, seperti “setiap hari” atau “hari kerja”. Lebih baik lagi, kamu bisa mengevaluasi postingan sebelumnya.

Tagboard

Tampilan laman Tagboard – alat pemasaran media sosial

Tagboard adalah alat pendengar untuk meneliti konten di  media sosial. Yang harus kamu lakukan hanya memasukkan istilah, topik, atau hashtag, dan Anda akan melihat bagaimana topik itu dibahas secara online. Mudah bukan? Ini adalah cara canggih untuk memantau hal-hal seperti merek dan produk yang disebutkan, dan bagaimana kaitannya dengan strategi pemasaran. Kamu juga bisa  menggunakannya untuk ide saat menghasilkan konten yang menarik, terutama saat tren berkembang.

Nah itu dia 9 tools yang harus kamu miliki untuk memasarkan media sosial kamu. Bagaimana? Tertarik? 

Bizlab adalah marketplace untuk belajar skill profesional yang sedang dibutuhkan di berbagai sektor industri saat ini. Kunjungi situs https://subsdaily.com/ untuk mengikuti konten pendek favorit (micro-content) mengenai up-skill yang akan dikirim via WhatsApp atau Email pribadimu.

Yuk, tunggu apalagi?, Kembangkan kemampuanmu dan klik link seriesnya, ya!

Sumber:

  1. Biteable
  2. Optimmonster