7 Trend Digital Marketing Periode Januari-Maret 2021

Bagikan

Sebagai seorang digital marketer, pastinya kalian harus selalu update terhadap trend di dunia digital marketing ya, Sobat Bizlab!

Alasan Kenapa Kalian harus Up-to-date

Seperti dikutip dari website imaginaire mengatakan bahwa kalian harus selalu update terhadap trend dan terbuka akan segala perubahan. Dengan update trend terbaru, seorang digital marketer akan lebih mudah dalam membangun strategi-strategi yang kekinian sekaligus membuka peluang baru disaat jumlah kompetitor masih sedikit. Ditambah lagi budaya FOMO (Fear Of Missing Out) yang kian menjamur di kalangan masyarakat membuat orang-orang akan selalu haus akan perkembangan trend. Tentunya hal ini semakin membuka lebar kesempatan kalian untuk meraup lebih banyak atensi dari audiens, ya!

fitur aplikasi update trends
Sumber/ Unsplash.com

Kalau Sobat Bizlab perhatikan, dunia IT adalah dunia yang hampir setiap hari melakukan update, entah dari fiturnya baru, entah tampilan interfacenya atau yang lainnya. Iya apa iya?

Nah, kira-kira kalian tau gak alasannya?

Jadi, ada 2 alasan mendasar nih, kenapa IT cepat sekali update:

  1. Kondisi pasar dengan persaingan sangat ketat mengakibatkan setiap platform ingin berlomba-lomba untuk menghadirkan fitur unggulan. Singkatnya, setiap platform ingin menjadi primadona dengan melakukan gebrakan.
  2. Di dunia IT ada namanya istilah continuous delivery dimana melakukan update berkala setiap dua minggu sekali dianggap lebih menguntungkan daripada update secara masif dalam 4 bulan. Update secara berkala akan memudahkan dari segi desain, estimasi, rencana dan test release. Selain itu update secara berkala tidak akan memakan banyak biaya serta minim resiko.

Nah, di kesempatan kali ini, Bizlab rangkum 7 Trend Digital Marketing Periode Januari-Maret 2021. Kira-kira ada apa aja ya, Sobat Bizlab? Simak penjelasannya, yuk!

Zoom

Sobat Bizlab, pasti sudah gak asing lagi ya dengan aplikasi ini?

Zoom yang pertama kali dirilis pada tahun 2013 dengan user pertamanya hanya menyentuh angka 400.000, di tahun 2020 tercatat sekitar 485 juta user baru yang mendownload aplikasi menggunakan handphone. Tentu saja tidak mengherankan mengingat zoom memiliki banyak fitur pilihan seperti mode presentasi, filter, memberikan reaksi langsung di video, noise cancellation bahkan kalian bisa menambahkan kecerahan pada video. 

Nah, di bulan Januari 2021, Zoom meluncurkan fitur baru berupa:

  1. Host yang kini bisa merekam video conference dengan ketentuan terdapat 100-1000 attendees. 
  2. Kini kalian bisa melakukan registrasi dan mengumpulkan pembayaran secara langsung dari para attendees pada saat video conference berlangsung.

Instagram

Instagram adalah sosial media berbasis gambar dan video yang sangat banyak digunakan. Seperti yang dilansir Statista  bahwa pengguna Instagram di Indonesia mencapai 82.12 juta per Februari 2021. Artinya hampir separuh dari penduduk Indonesia adalah pengguna aktif Instagram ya, Sobat Bizlab!. Tak mengherankan jika Instagram diminati banyak kalangan karena fitur-fiturnya selalu up to date seperti contohnya di tahun 2020 Instagram merilis Instagram Reel sebagai saingan Tik-Tok. 

Ngomong-ngomong tentang Instagram, Sobat Bizlab sering ngerasa durasi live video di Instagram  terlalu singkat gak si?

Kalau iya, kalian gak usah khawatir lagi,  karena di tahun 2021 ini Instagram menambah durasi live video yang dahulu hanya 1 jam kini menjadi 4 jam lamanya. Wah, menarik ya! Jadi bisa makin lama menyapa followers nih hehehe

Snapchat

Mengutip dari laman Wikipedia bahwa Snapchat adalah aplikasi pesan foto yang dikembangkan oleh Evan Spiegel, Bobby Murphy, dan Reggie Brown dan dirilis pertama kali pada September 2011. Pengguna Snapchat sendiri menyentuh angka 84,8 juta di tahun 2021 ini loh, Sobat Bizlab!

Dari segi fitur snapchat menawarkan snap games, bitmoji, scan bahkan yang terbaru sounds snapchat hadirkan musik eksklusif milik Justin Bieber. Kalian hanya perlu swipe up untuk tahu info tentang lagu tersebut baik dari penyanyinya, tahun rilis dan info lainnya.

Pada tahun 2021 ini, Snapchat makin giat untuk menciptakan fitur baru, seperti:

  1. Membantu influencer mendapatkan uang dengan menampilkan followers di halaman profil. Berbicara tentang influencer, terdapat 6 tipe influencer yang meliputi mega, makro, mikro, advocates, referral, dan loyalist.
  2. Snapchat menghadirkan fitur snap connect dimana dengan ini kalian bisa mendapatkan free certification untuk drive value dari e-commerce, gaming atau app.

LinkedIn

Apakah Sobat Bizlab adalah salah satu pengguna Linkedin?

Linkedin  adalah jaringan profesional terbesar di dunia. Kalian  dapat menggunakan LinkedIn untuk menemukan pekerjaan yang tepat atau magang, menghubungkan dan memperkuat hubungan profesional, dan mempelajari keterampilan yang kalian  butuhkan untuk sukses dalam karir. Sobat Bizlab  dapat mengakses LinkedIn dari desktop, aplikasi seluler LinkedIn, pengalaman web seluler, atau aplikasi seluler LinkedIn Lite Android. Pada tahun 2021, Linkedin telah memiliki 740 pengguna aktif dengan 55 juta perusahaan yang terdaftar.

Adapun pada tahun 2021 ini, Linkedin mengeluarkan fitur baru seperti:

  1. Linkedin career explorer. Dengan fitur ini kalian bisa mempelajari ilmu-ilmu lain yang berkaitan dengan pekerjaan kalian sekarang. Cara kerjanya yaitu Linkedin akan mengindex profil dan dan membandingkan skill & pengalaman terakhir kalian, untuk nantinya Linkedin akan memberikan saran course yang sesuai. Dengan hal ini, nantinya kalian diharapkan untuk lebih explore hal-hal baru, bukan hanya terpaku pada 1 keahlian saja.
  2. Linkedin menghadirkan fitur swipe up di stories. Tentu saja akan memudahkan kalian untuk berpromosi ya Sobat Bizlab!
  3. Linkedin juga membuka free course untuk kalian yang ingin memulai memanfaatkan fitur iklan di Linkedin.

Taboola

Sebagai seorang digital marketer pasti sudah tidak asing lagi dengan Taboola, bukan?

Taboola adalah salah satu platform yang dapat digunakan untuk beriklan selain Facebook, Instagram, Google dan channel lain. Dalam websitenya Taboola.com dijelaskan bahwa keuntungan beriklan dengan pihaknya adalah kalian akan meraup audiens yang berkualitas untuk selanjutnya diarahkan ke website yang terpercaya. Dengan cara ini diharapkan akan meningkatkan conversion rate dari pihak pengiklan.

Selain itu, Taboola mengklaim bahwa iklan yang dibuat adalah iklan dengan kualitas tinggi yang digadang-gadang meningkatkan engagement rate. Pada tahun 2021 ini, Taboola luncurkan fitur story, dengan cara ini diharapkan akan memudahkan audiens untuk menuju ke sebuah website.

Youtube

Nah platform terakhir yang akan dibahas kali ini  yaitu Youtube. Siapa sih yang ga kenal Youtube?

Youtube adalah platform video baik streaming maupun non streaming yang di dirikan pada tahun 2005 di California Amerika. Berdasarkan data yang dilansir oleh Statista menyatakan bahwa pengguna Youtube kian meroket setiap tahun. Bahkan, pada tahun 2021 sendiri pengguna Youtube di seluruh dunia telah menyentuh angka 2 Triliun, loh sobat Bizlab!

Berdasarkan data dari Oberlo, Youtube menempati tempat kedua sebagai platform yang populer setelah Facebook. Adapun rincian datanya bisa Sobat Bizlab lihat di infografis di bawah ini ya!

Sumber/ Oberlo

Berbicara tentang Youtube yang merupakan salah satu platform milik Google, baru-baru ini meluncurkan  2 fitur baru, yaitu:

  1. Mockup tools. 

Fitur ini berguna untuk para creator Youtube sebelum merilis konten Youtubenya, sehingga memudahkan creator dalam mendesain interface awal video mereka. Untuk dapat mengaksesnya Sobat Bizlab bisa langsung menuju ke halaman https://create.withgoogle.com/tools/youtube-mockup

  1. Youtube Hashtag

Seperti layaknya Instagram dan akun sosial media lain, kini Youtube mulai memberlakukan hastag untuk mengelompokkan video berdasarkan kategori. Kalian bisa menambahkan hashtag di judul ataupun deskripsi video kalian, loh! 

TikTok

TikTok merupakan sebuah jaringan sosial dan platform video musik asal Tiongkok yang diluncurkan pada September 2016 oleh Zhang Yimin. Semenjak saat itu,  aplikasi TikTok yang dikembangkan oleh ByteDance mulai banyak digunakan oleh masyarakat. Pada tahun 2021 sendiri TikTok telah menempati posisi 10 besar sebagai platform dengan pengguna terbanyak. Pesatnya pertumbuhan TikTok membuat para digital marketer mulai menjajal mengembangkan strategi marketingnya di platform ini.

Tercatat pada bulan Maret 2021, TikTok merilis fitur barunya dengan menambahkan grup chat di aplikasinya. TikToK mengklaim dengan cara ini para influencer TikTok dapat mudah berinteraksi dengan para penggemarnya. Fitur ini juga di gadang-gadang membuat TikTok makin bersaing ketat dengan Facebook.

Nah, itu dia 7 Trend Digital Marketing Periode Januari-Maret 2021 yang sudah Bizlab jelaskan. Semoga dapat membantu Sobat Bizlab tentang trend terkini ya!

Bizlab adalah marketplace untuk belajar skill profesional yang sedang dibutuhkan di berbagai sektor industri saat ini. Kunjungi situs https://subsdaily.com/ untuk mengikuti konten pendek favorit (micro-content) mengenai up-skill yang akan dikirim via WhatsApp atau Email pribadimu.
Yuk, tunggu apalagi?, Kembangkan kemampuanmu dan klik link nya, ya!

Sumber:

  1. Imaginaire
  2. Statista
  3. Wikipedia
  4. Taboola.com
  5. Oberlo

Leave a Reply