Tidak Punya Pengalaman Untuk Melamar Kerja? Coba 7 Tips Ini

Bagikan

Halo, Sobat Bizlab! Kalian pasti sering mendengar pertanyaan ini, “Aku gapunya pengalaman nih, terus harus masukin apa ya di CV buat ngelamar kerja?”. Sementara untuk mendapatkan pekerjaan, biasanya pekerjaan tersebut membutuhkan seseorang yang berpengalaman.

Untuk sebagian orang mencari pekerjaan adalah hal yang sangat sulit dan membuat frustasi, terlebih lagi jika kamu baru di suatu bidang pekerjaan, hal ini bisa menjadi semakin sulit. Ada banyak cara untuk meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan yang relevan dengan sedikit atau tanpa pengalaman.

7 Tips Meningkatkan Peluang Pekerjaan Tanpa Pengalaman

Berikut inilah beberapa cara yang bisa sobat Bizlab lakukan untuk mendapatkan pekerjaan tanpa pengalaman. Ini dia 7 tips untuk meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan tanpa pengalaman

Pentingnya Memiliki Koneksi

Dilansir oleh Hannah Meinke dalam postingannya di Rasmussen College, Ia berbicara dengan Melissa Wagner, seorang Manajer Layanan Karir di Rasmussen College. Wagner mengatakan bahwa koneksi sangatlah penting. Dengan mengandalkan kontak koneksi profesional milikmu, kamu dapat menemukan pekerjaan potensial dan mendapatkan wawasan berharga untuk pekerjaan. Wagner juga menyarankan untuk menggunakan LinkedIn. Sobat Bizlab pasti sudah tau platform satu ini,  platform ini ini adalah cara terbaik untuk terhubung dengan jaringan kamu secara online dan terlihat oleh perekrut. Saat berhubungan dengan koneksi baru.

Atasi Masalah

Jika kamu kurang pengalaman, jangan mencoba mengabaikan syarat lowongan yang ada, contohnya surat lamaran. Surat lamaran adalah tempat yang tepat untuk mengatasi celah apa pun di CV kamu, jadi gunakan kesempatan ini untuk mengatasi masalah apa pun yang mungkin dimiliki.

Bingung
Gambar oleh cookie_studio dari www.freepik.com

Fokus Pada Apa Yang Dimiliki

Memiliki pengalaman itu penting dan bernilai plus, tetapi begitu juga sikap kamu untuk bekerja, kepribadian, pemahaman tentang perusahaan dan aktivitasnya, motivasi dan lainnya. Jadi jangan terlalu terpaku pada satu hal.

Temukan Pengalaman

Sebelum kamu memutuskan bahwa kamu tidak memiliki pengalaman, pastikan benar-benar ini benar. Pikirkan kembali pekerjaan yang kamu punya sebelumnya dan coba tarik hubungan antara pengalaman yang kamu butuhkan dan pengalaman yang kamu miliki. Perlu sobat Bizlab ingat bahwa hal itu tidak harus persis sama yang terpenting adalah relevan. Kalau kamu pernah mengatur rapat atau menjawab telepon, itulah pengalaman kamu sebagai Admin. Kalau kamu sudah pernah menyiapkan halaman Facebook atau membuat selebaran, itulah marketing

Ciptakan Pengalaman

Lakukan pekerjaan sukarela, pengalaman kerja, atau magang. Jangan takut untuk memulai dari awal. Dengan begini kamu akan menambah value diri dan pengalaman baru. Carilah sesuai yang paling relevan dengan pekerjaan yang kamu inginkan. 

Ubah Cvmu

Pastikan CV kamu mencerminkan bagian penting dari cerita dirimu. Fokus pada bakat dan keterampilan yang kamu miliki dan bukan pada jabatan. Buatlah CV yang tidak berkutat di masa lalu, tetapi lihat ke depan dan tunjukkan semua hal hebat yang dapat kamu kontribusikan di masa depan.

Mengedukasi Diri Sendiri

Ikutilah kursus atau kursus online, hadiri lokakarya, terlibat dalam diskusi industri yang relevan di LinkedIn, bergabunglah dengan grup yang relevan, hadiri acara jaringan dan karier. Ini tidak hanya akan membantu kamu mendapatkan pengetahuan untuk pekerjaan itu, tetapi juga menunjukkan dedikasi dan komitmen. 

Itulah dia 7 Tips yang bisa Bizlab rangkum untukmu. Pencarian kerja memang terkadang membuat frustasi, tetapi perlu sobat Bizlab ingat bahwa setiap orang memulai tanpa pengalaman. Kamu tidak sendiri. Meskipun kamu mendapatkan penolakan, ada banyak cara untuk meningkatkan taktik yang menonjol di bidang yang kamu miliki. Fokuslah mengembangkan kemampuanmu dan teruslah maju!

Bizlab adalah marketplace untuk belajar skill profesional yang sedang dibutuhkan di berbagai sektor industri saat ini. Kunjungi situs https://subsdaily.com/ untuk mengikuti konten favorit (micro-content) mengenai up-skill yang akan dikirim via WhatsApp atau Email pribadimu.

Yuk, tunggu apalagi?, Kembangkan kemampuanmu dan klik link nya, ya!

Sumber:

  1. Rassmusen University
  2. Reed Global 
  3. EF