7 Tips Menulis Konten Artikel Berstandar SEO

Bagikan

Untuk kamu seorang penulis konten pasti sudah mengetahui bahwa beberapa artikel yang dibuat di beberapa website tak hanya dibuat sebagai artikel kreatif tapi juga untuk kebutuhan bisnis dari berbagai website perusahaan. Salah satunya penulisan artikel dengan standar SEO.

Artikel dengan standar SEO bertujuan untuk memunculkan artikel pada halaman satu sehingga memungkinkan website dikunjungi oleh banyak orang. Menulis artikel berstandar SEO tidak sembarangan lo Sobat Bizlab, ada beberapa tips dan teknik yang harus digunakan.

Nah untuk kamu yang masih awam mengenai bagaimana cara membuat artikel berstandar SEO, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu pelajari untuk membuat artikel dengan standar SEO yang baik.

Riset Kata Kunci

Sebelum membuat artikel, tentu saja kamu diberikan kata kunci untuk mengembangkan konten tersebut. Untuk penulisan artikel dengan standar SEO tentu saja kamu harus memerlukan riset kata kunci utama dan dan turunan agar menghasilkan tulisan yang dapat diindeks oleh google pencarian.

Terdapat beberapa tools yang dapat dijadikan sebagai media dalam riset kata kunci beberapa di antaranya seperti keywordstool.io, ubersuggest, dan lain sebagainya.

Memilih Judul

Pastikan dalam judul mengandung kata kunci yang telah dihasilkan melalui riset. Agar lebih ideal, panjang judul artikel lebih baik sekitar 5-7 kata saja ya. Karena dikhawatirkan jika judul artikel semakin panjang, kata kunci pun akan berkurang kerapatannya dan dapat mengurangi kualitas SEO nya.

Jangan Lupa Memasang Meta Deskripsi

Pada bagian SEO terdapat kolom meta deskripsi. Kolom ini akan berisi ringkasan atau inti poin dari pembahasan artikel yang akan ditampikan pada snippet hasil pencarian google. Maka dari itu buatlah meta deskripsi yang mengandung kata kunci yang dibuat.

Gunakan Headline 1,2,3

Untuk artikel dengan standar SEO biasanya memanfaatkan penulisan sub-sub judul menggunakan headline 1-3 untuk memaksimalkan pencarian. Headline ini juga bisa kamu sisipkan dengan kata kunci. Ingat, penggunaan kata kunci dalam satu artikel juga sangat diperhatikan ya. Setiap kata kunci setidaknya diulangi 3 kali dalam artikel.

Gunakan Gambar

Artikel yang baik dan menarik dinilai tak hanya dari konten dan penulisan yang dibuat tapi juga dalam menggunakan gambar agar konten yang dihadirkan lebih informatif dan menarik. Gambar yang dipasang pun mengandung Alt tag yang berfungsi untuk memberitahu google tentang isi gambar.

Pasang Link dalam Artikel

Pasang link internal maupun eksternal dalam artikel ini berguna untuk meningkatkan kemampuan robot mesin untuk mencari dan mengindeks blog atau artikel mu. Sebelum memasang beberapa link dalam artikelmu kamu bisa mencari tahu bagaimana kriteria link yang baik dan ideal untuk disematkan di artikel.

Buat Artikel yang Menarik dan Menjawab Pertanyaan Pembaca

Selain menerapkan beberapa teknik di atas, kembali lagi pada konten yang kamu buat. Buatlah tulisan yang tak hanya menarik tapi juga menawarkan solusi untuk pembaca. Hal tersebutlah yang dapat membuat pembaca akan berkali-kali membaca atau mengunjungi artikelmu.

Itulah beberapa tips sederhana dalam menulis artikel berstandar SEO, semoga bisa langsung dipraktekkan ya. Kalau kamu ingin lebih mendalam belajar penulisan konten dan berpeluang dapat proyek / job, kamu bisa ikut kursus Content Writing hanya dari WhatsApp. Daftar di sini.

1 Comment

Leave a Reply