fbpx

Insight

5 Tips Pitching Ini Berguna Bagi Freelancer yang Ingin Dapat Project

freelancer
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sebagai seorang freelancer, nggak ada jaminan kamu bakal mendapatkan uang bulanan tetap macam pekerja kantoran. Biar dompet semakin berisi, freelancer harus rajin cari job sana-sini. Di dunia freelancer, hal ini jadi tantangan terbesar. Istilahnya, kalau ingin bertahan hidup di hutan yang luas, harus rajin berburu mangsa kesana-kemari.  Para freelancer menyebut bentuk perburuan job ini sebagai ‘pitching’. 

Bagaimana Agar Pitching dari Freelancer Menarik Hati Para Klien?

Abdullahi Mohamed, salah satu kontributor majalah forbes menggunakan tips pitching versinya untuk meraih deal dengan klien. Dengan tips pitching berikut ini, Ia menghasilkan 20.000 dollar atau setara dengan IDR 280.000.000 dari pembayaran klien. 

1. Kirimkan Pitching Ke Orang yang Tepat

Dalam proses pitching ke suatu perusahaan, seorang freelancer biasanya akan mengontak email dari perusahaan tersebut. Ini langkah yang benar, tapi belum tepat. Agar pitching lebih cepat mendapat respon, Mohamed mengirim email penawaran langsung ke divisi yang langsung bersinggungan macam senior manager, kepala departemen, content editor, atau hrd. Dengan cara ini tawaran pitching akan lebih mudah dipertimbangkan. 

2. Jangan Lupa Selalu Gunakan Subject Pada Email yang Kamu Kirim

Subject pada email yang kamu kirim sama pentingnya dengan paragraf  pertama dari suatu cerpen. Semakin menarik subject email yang kamu buat, klien akan semakin mendekat padamu. 

3. Hindari Menggunakan Kata-Kata Template

Menyiapkan kata-kata template untuk suatu email itu perlu biar kamu tak usah repot-repot memulainya lagi dari awal. Tetapi, kamu juga harus memperhatikan beberapa detail yang mestinya kamu ganti macam nama calon klien, tanggal, dan tujuan. Nggak lucu kan kalau misalnya klien A mendapat email pitching yang seharusnya untuk klien B. 

4. Tunjukan Bahwa Jasamu Kredibel

Portofolio kamu jadi salah satu senjata untuk menaklukkan hati klien. Tunjukan hasil karyamu untuk meraih hati klien. Jelaskan juga apa kontribusi kamu untuk suatu project yang pernah kamu kerjakan. Jangan lupa untuk menonjolkan kelebihan jasa kamu dibanding yang lain 

5. Selalu Follow Up

Email yang kamu kirim tanpa balasan yang pasti bukanlah suatu hal yang bikin freelancer berhenti. Tak apa-apa kalau kamu ingin follow up lagi calon klien kamu. Tunggu dulu seminggu, bila tak ada balasan, lakukan follow up lagi. Disarankan untuk tidak follow up lebih dari 2 kali.

Berikan komentar

Tanya
1
Butuh bantuan?
Halo,
Ada yang bisa dibantu?
Powered by