5 Tips Membuat Content Marketing

Content Marketing Institute mendefinisikan content marketing sebagai suatu strategi pemasaran yang fokus dalam membuat dan mendistribusikan konten yang berharga, relevan, dan konsisten untuk menarik dan mendapatkan audience dengan tujuan akhir untuk menghasilkan keuntungan bagi sebuah bisnis.

Dewasa ini, hampir semua aktivitas marketing difokuskan pada pemasaran digital di mana hal ini berfokus pada konten yang ditampilkan. Semakin menarik maka semakin besar peluang mendapatkan perhatian target pasar. Untuk itu, simak tips-tips membuat konten marketing berikut ini ya.

Kenali Pasar dan Audiens

Konten yang baik dan strategi yang sukses dapat dihasilkan jika kamu mengetahui target audience. Mengetahui target audience bisa membuat konten yang relevan dan menarik bagi audience yang hendak membeli produk atau jasa kamu, sob.

Tanpa mengetahui siapa target audience, apa yang dibutuhkan, maka kamu tidak mungkin memiliki kesempatan menciptakan konten yang laku di pasaran. Pastikan konten yang kamu buat itu mampu mendefinisikan target audience, seperti lokasi geografis, pendapatan audience, dan karakteristik masing-masing audience.

Buatlah Konten yang Berkualitas dan Kekinian

Untuk membuat konten yang berkualitas dan kekinian, maka kamu bisa mempelajarinya di mesin pencari google, melalui Google Trends. Dengan mengakses Google Trends, kamu bisa tahu topik apa yang sedang diperbincangkan di masyarakat. Dengan begitu, kamu bisa memilih konten seperti apa yang akan dibuat dan menentukan strategi bisnis ke depannya.

Tetapkan Tujuan

Ketika menentukan tujuan content marketing, buatlah tujuan yang sesingkat dan spesifik mungkin. Hindari penggunaan kalimat yang ambigu. Kamu juga harus mulai menetapkan tujuan menjadi peningkatan penjualan. Jika kamu berhasil membuat konten yang menarik sesuai tujuan, tentunya akan banyak audience bermunculan menjadi target konsumen potensial. Tujuan berupa peningkatan penjualan pun menjadi tolak ukur dalam keberhasilan content marketing kamu, sob.

Upload Konten di Waktu yang Tepat

Penelitian di internet banyak menjelaskan mengenai waktu terbaik (prime time) untuk kamu mengunggah konten di media sosial, baik itu website, facebook, instagram, maupun media sosial yang lain.

Website– penelitian yang dilakukan TrackMaven menunjukkan waktu terbaik untuk mengunggah konten pada website adalah pukul 15.00. Pada jam tersebut tidak banyak artikel yang diunggah, padahal jumlah audience yang membaca cukup banyak. Hari Minggu adalah hari terbaik untuk mengunggah konten.

Facebook– waktu terbaik untuk mengunggah content bervariasi dari jam 13.00 untuk mendapatkan share terbanyak, dan hingga pukul 15.00 untuk mendapatkan lebih banyak klik. Tingkat engagement di News Feed Facebook akan lebih tinggi 18 persen pada Kamis dan Jumat. 32 persen lebih tinggi pada akhir pekan.

Instagram– waktu terbaik untuk mengunggah di Instagram adalah antara jam 13.00 hingga 17.00. Tidak banyak yang mengunggah di Instagram di rentang waktu tersebut dan membuat mereka lebih engaged dengan konten yang ada. Hari dengan engagement terbaik untuk mengunggah di instagram adalah Rabu dan Kamis.

Ukur Efektivitas Konten

Salah satu cara untuk mengetahui apakah pembuatan content kamu efektif adalah dengan mengukur seberapa besar Return on Investment (ROI) dari content marketing kamu, sob. Beberapa faktor yang bisa kamu cek untuk mengukur ialah : penjualan (jika penjualan tidak meningkat, maka kamu perlu mengevaluasi strategi), jangkauan dan engagement (jangkauan menunjukkan jumlah orang yang melihat content yang kamu buat,

sedangkan engagement penting untuk melihat apakah target audience berinteraksi dengan content yang kamu berikan), jumlah share (mengukur jumlah share bisa memahami seberapa tinggi popularitas konten buatan kamu, sob), serta traffic di website (untuk mengukur hal ini, content marketer biasanya menggunakan beberapa tools seperti Hootsuite, Google Analytics, Instagram Analytics, dan yang lainnya).

Nah, Sobat Bizlab sekarang sudah tahu kan tips-tipsnya. Membuat content marketing yang menarik memang membutuhkan kreativitas, analisis, serta kesabaran. Untuk mendapatkan content yang paling efektif diperlukan banyak percobaan.  Kamu bisa gabung kelas strategi sukses membuat content marketing satu ini. Selamat mencoba, sob. Semoga berhasil. 

Tinggalkan Balasan