Login

Register

Login

Register

Insight

5 Tips Membangun Konten Instagram Untuk Bisnis

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Jika di sebuah restoran pelanggan adalah raja, maka dalam media sosial konten adalah raja. Konten mendapatkan tempat tertinggi saat kita sedang menjalankan bisnis online di Instagram.  Dengan konten kita dapat menarik perhatian para pengunjung sehingga mereka mau untuk melihat produk atau jasa yang kita tawarkan.

Namun perlu diingat, konten merupakan suatu tantangan terbesar bagi siapa saja yang menjalankan bisnis online di Instagram. Sebisa mungkin kita harus membuat konten yang kreatif dan inovatif agar para pengunjung selalu tertarik dengan apa yang kita sajikan dan tidak merasa bosan sehingga dapat membuat traffic kita berkurang.

Tentunya kita sering mendengar bahwa mendapatkan lebih mudah ketimbang mempertahankan. Kita memang gampang mendapatkan hati pengunjung untuk tertarik dengan produk atau jasa yang kita tawarkan melalui konten pertama yang mereka lihat, namun terkadang kita sulit untuk mempertahankan mereka. Dengan demikian, maka kita dituntut untuk berpikiran kreatif di setiap konten yang kita buat agar dapat menarik perhatian.

Bagi kamu yang sedang mengalami masalah di atas, tenang saja. Berikut ada beberapa tips untuk membangun konten di Instagram untuk berbisnis

1. Melakukan Riset Followers

Loh kan mau membuat konten yang berkualitas untuk bisnis online di Instagram, kok harus riset followers segala?

Melakukan riset terhadap followers tentu merupakan langkah awal yang tepat sebelum kita membuat konten. Mengapa?

Pada awalnya kita harus terlebih dahulu followers kita rata-rata berusia berapa. Apakah rata-rata berusia 17-25 tahun, 26-30 tahun, atau bahkan sudah mempunyai keluarga. Nah setelah meriset followers dan ternyata menemukan fakta bahwa rata-rata followers berusia 17-25 tahun, maka buatlah konten yang sekiranya dapat ditangkap dengan mudah oleh anak kisaran usia tersebut. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan juga gunakan bahasa mereka. Dengan demikian, maka konten yang akan kamu buat akan menarik perhatian mereka.

Tak hanya itu saja, pahami juga konten apa yang membuat para followers tertarik dengan apa yang kamu buat. Cari pos dengan jumlah likes terbanyak, lalu kemudian riset ulang terkait pos tersebut.

2. Membuat Konten Yang Mempunyai Tema

Setiap yang mempunyai ciri khas tentu akan gampang diingat oleh orang. Hal tersebut dapat kamu tanamkan saat membuat konten. Konten yang bertema tentu akan menarik perhatian orang-orang. Pilih tema yang berbeda-beda di setiap konten yang akan kamu buat. Dengan melakukan hal seperti itu maka dapat mengurangi rasa bosan para followers terhadap konten yang kamu sajikan.

Misalnya, kamu memiliki bisnis online yang menjual alat-alat outdoor. Berilah konten-konten yang objektif terkait bagaimana cara survival di alam, menggambarkan tentang gunung-gunung yang ada di Indonesia, serta tips untuk travelling.

3. Buat Desain Yang Seragam

Desain feed Instagram yang ciamik dan menarik tentu akan mudah diingat oleh para pengunjungnya. Pikirkanlah desain yang tidak terlalu rame dan terkesan simpel. Setelah itu, pos di feed Instagram kamu dengan rapi sehingga orang-orang juga merasa nyaman ketika berkunjung ke akun Instagram bisnismu.

4. Tentukan Waktu Posting Yang Tepat

Kok sekarang pas ngupload di Instagram likesnya suka dikit ga banyak kayak biasanya?

Kamu pernah merasa seperti itu? Apabila pernah maka wajar saja, karena seperti yang kita ketahui bahwa Instagram kembali mengubah algoritmanya. Untuk mengatasi masalah tersebut kita harus menentukan waktu posting yang tepat. Pertama kali yang harus dilakukan adalah lakukan posting pada saat pagi, sore dan malam hari. Cari pos di waktu apa yang mendapatkan likes banyak. Apabila pos di malam hari mendapatkan likes banyak, maka tentukan waktu malam hari untuk memposting di Instagram.

5. Ajak Orang Untuk Berkomentar di Postingan

Seperti yang kita ketahui bahwa algoritma Instagram telah berubah saat ini. Algoritma Instagram mengharuskan suatu post untuk mendapatkan engagement agar pos tersebut memperoleh jangkauan yang lebih banyak dari orang-orang. Ketika kamu memposting konten di feed Instagram maka post tersebut hanya menjangkau kurang lebih 3-10% followersmu. Berarti 90% followers kamu tidak tahu kalau kamu sedang memposting sesuatu di feed Instagram.

Untuk mengatasi masalah tersebut kamu harus membuat postingan yang mengajak followers untuk aktif di postinganmu. Misalnya kamu membuat kuis atau pertanyaan di postingan kamu, atau bahkan kamu mengajak followers untuk men-tag orang yang sesuai dengan postinganmu. Dengan demikian, maka postinganmu akan ramai komentar dan tentu saja dapat meningkatkan jangkauan  postingan agar dilihat oleh banyak orang.

Tak sulit untuk membangun konten di Instagram untuk berbisnis. Lakukan 5 tips di atas secara konsisten dan terus berusaha untuk berpikir kreatif di setiap kontennya. Kunci dari melakukan bisnis online di Instagram adalah dengan menarik perhatian sebanyak-banyaknya. Salah satu cara untuk menarik perhatian adalah dengan cara membangun konten di Instagram.

Berikutnya, kita akan membahas mengenai strategi marketing di Instagram. Apabila kamu ingin belajar lebih lanjut, maka kamu dapat menjadi subscribers Bizlab terlebih dahulu agar mendapatkan info mengenai artikel selanjutnya.

Berikan komentar

Tanya
1
Butuh bantuan?
Halo,
Ada yang bisa dibantu?
Powered by