5 Tips Jitu Hadapi Interview Kerja Pertama Kali

Bagikan

Untuk kamu seorang job seeker atau yang baru saja lulus (fresh graduated) kegiatan mu saat ini tentu saja apply lamaran pekerjaan di berbagai perusahaan yang kamu tuju dan inginkan.

Setelah mengirim CV dan resume ke berbagai email perusahaan tujuan mu, biasanya tahap selanjutnya setelah lolos seleksi berkas adalah interview.

Kamu akan diundang ke kantor untuk melaksanakan interview berhadapan dengan beberapa recruiter.Untuk kamu yang baru pertama kali menghadapi interview kerja, rasa grogi sudah pasti kamu rasakan.

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini kami ulas beberapa tips jitu dalam menghadapi interview kerja pertama kali.

Apa Saja Tips-Tips Untuk Interview Kerja Pertama Kali?

Riset Terkait Perusahaan yang Dilamar

Sebelum dapat panggilan interview ke kantor, ada baiknya kamu riset berbagai informasi terkait perusahaan yang kamu lamar. Hal ini sangat berguna agar kamu paham mengenai perusahaan yang akan jadi tempat kerja mu.

Ini juga berlaku agar saat recruiter menanyakan mengenai berbagai info terkait perusahaan padamu kamu akan menjawab dengan percaya diri dan maksimal.

Datang Tepat Waktu

Dilarang telat dan molor. Usahakan untuk datang ke kantor atau tempat wawancara 15-20 menit sebelum interview berlangsung. Jangan terlalu mepet ya sobat Bizlab.

Ini karena kamu juga butuh persiapan sebelum masuk ruangan interview seperti merapikan penampilan mu terlebih dahulu atau menyiapkan beberapa berkas penting yang harus dibawa.

Pilih Pakain yang Tepat

Jangan lupa perhatikan outfit yang cocok dan tepat untuk interview pertama kali. Sudah pasti penampilan adalah kesan pertama yang dipandang seorang recruiter.

Maka dari itu kamu harus memperhatikan secara baik penampilan mu dan make up yang tidak berlebihan.

Berusaha Tenang dan Percaya Diri

Walaupun hal ini merupakan interview kerja pertama kali mu, berusahalah untuk tetap tenang dan percaya diri. Jika grogi dan rasa takut menghampiri, kamu bisa melakukan pemanasan atau minum air hangat untuk mengatasinya.

Selalu berpikiran positif dan jernih agar segala pertanyaan yang ditujukan padamu dapat terjawab secara maksimal dan baik.

Jangan Lupa Bertanya

Setelah selesai interview, biasanya akan diberikan kesempatan untuk bertanya pada recruiter. Jangan lupa untuk memanfaatkan momen bertanya semaksimal mungkin pada recruiter terkait apa saja yang masih belum kamu ketahui tentang perusahaan.  

Itulah beberapa tips interview kerja pertama kali yang bisa kamu terapkan. Nah untuk kamu sobat Bizlab yang akan menjalani interview perdana, tetap siapkan yang terbaik dan jangan lupa untuk selalu berdo’a agar semua dapat berjalan dengan lancar dan baik.

Kamu juga bisa gabung di beberapa webinar job interview di Bizlab yang dijamin bakal dapat insight dan ilmu baru. Semoga sukses ya.

Leave a Reply