Berkeinginan Jadi Data Analyst? Berikut 5 Skill yang yang Wajib Kamu Kuasai

data analyst
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sobat Bizlab, seiring perkembangan jaman dan teknologi tentu saja mendorong bermunculnya banyak profesi atau keahlian yang semakin banyak dibutuhkan. Salah satunya adalah data analyst.

Apa itu data analyst?

Data analyst merupakan profesi yang berhubungan dengan segala jenis data yang mana bertanggung jawab untuk menerjemahkan data tersebut untuk dapat diolah dan dijadikan laporan yang bertujuan untuk membantu proses manajemen dan pengolahan data perusahaan.

Sebagian besar tugas seorang data analyst adalah menganalisis berbagai macam data yang sudah disaring sedemikian rupa untuk diolah kembali sebagai keputusan bisnis sebuah perusahaan.

Profesi ini tentu saja cukup banyak dibutuhkan banyak perusahaan. Gaji yang ditawarkan menjadi seorang data analyst pun tak tanggung-tanggung yaitu mulai dari 4 juta hingga 18 juta.

Untuk kamu yang berkeinginan atau bercita-cita sebagai data analyst tentu saja harus memiliki skill yang relevan dengan profesi tersebut.

Lantas apa saja skill yang wajib dikuasai oleh seorang data analyst? Yuk simak ulasan berikut ini ya  sobat Bizlab.

Berikut 5 Skill yang Wajib Dikuasai oleh Data Analyst

Menganalisis Data

Tugas data analyst sudah pasti berhubungan dengan menganalisis dan mengelola data. Kemampuan satu ini tentu saja harus kamu kuasai karena nantinya tugas data analyst adalah mengelola, mengatur, dan menganalis data.

Salah satu contohnya adalah data warehousing yaitu proses pembuatan sistem penyimpanan virtual bagi perusahaan. Sehingga data yang sudah tersimpan dapat dikelola, dianalisis maupun diatur.

Statistik dan Matematika

Seorang data analyst juga diwajibkan menguasai dan mengerti mengenai statistik dan matematika. Ini karena pekerjaan ini sangat membutuhkan kemampuan ini khususnya statistik yang dapat membantu dan memahami data dalam jumlah besar.

Tak jarang, para data analyst biasanya merupakan lulusan dari jurusan statistik atau matematika.

SQL

Apa itu SQL? SQL atau Structured Query Language merupakan alat spreadsheet atau computing tool yang dapat menangani data-data yang jauh lebih besar dan cepat dibanding spreadsheet pada umumnya. Para data analyst wajib banget menguasai kemampuan satu ini.

Bahasa Pemograman

Profesi ini harus menguasai beberapa bahasa pemograman seperti R atau Phyton yang berfungsi untuk menganalisis kumpulan big data. Bahasa pemograman juga berfungsi untuk mempermudah seorang data analyst untuk mengelola data-data.

Spreadsheets

Jika kamu sudah menguasai SQL tentu saja seharusnya dapat dengan mudah mempergunakan spreadsheets sebagai tempat laporan pengelolaan data. Istilahnya, spreadsheets adalah versi tradisionalnya.

Nah sobat Bizlab, kini kamu sudah mengetahui beberapa skill yang wajib dikuasai seorang data analyst. Agar lebih memahami dan menguasai perihal data analyst, kamu juga dapat belajar dan mengikuti kelas-kelas online atau webinar mengenai data analyst seperti salah satu kelas paling populer di Bizlab satu ini yaitu Belajar Data Analytics dengan Tableau.

Berikan komentar