5 Situs Web Menulis Konten Untuk Mendapatkan Penghasilan

Situs Penambah Penghasilan Menulis
Bagikan

Bekerja paruh waktu semakin populer setiap tahunnya. Apalagi kamu salah satu yang termasuk mulai senang bekerja secara remote salah satunya menulis di web menulis konten. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat 33,34 juta orang pekerja paruh waktu atau freelancer per Agustus 2020. Angka ini naik 4,32 juta orang atau 26 persen dari tahun sebelumnya.

Lima alasan terbesar yang memotivasi orang untuk memulai karir freelancer adalah keinginan untuk menjadi bos bagi diri mereka sendiri, waktu kerja yang fleksibel, kesempatan untuk memilih proyek yang mereka sukai, kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, dan kemungkinan untuk bekerja dari manapun mereka berada.

Penulis konten atau Content writer merupakan salah satu pekerjaan paruh waktu yang sangat dibutuhkan di era digital seperti ini. Perusahaan dapat menyajikan konten-konten yang bermanfaat dari kerja seorang content writer. Tentu saja, konten-konten tersebut nantinya akan memberikan keuntungan bagi perusahaan, yaitu sebagai bagian promosi produk.

Jika Anda berpikir untuk memulai karir freelancer pada tahun 2022, terutama sebagai penulis konten, Anda akan menghadapi persaingan yang jauh lebih besar daripada tahun-tahun sebelumnya. 

Tapi tidak usah putus asa, ada banyak situs web yang membayar penulis konten pada tahun 2022, baik itu penulis konten pemula maupun profesional.

Web Menulis Konten Penambah Penghasilan

Ini dia 5 situs web menulis konten untuk mendapatkan penghasilan dan mengembangkan keterampilan menulis:

IDN Times

Kanal IDN Times community menjadi platform atau media bagi penulis generasi milenial untuk menulis di media tersebut. Setiap 100 views dari artikel yang ditayangkan di IDN Times, penulis akan mendapatkan 1 buah poin. Poin tersebut bisa ditukar dengan uang atau barang yang disediakan. Minimal poin yang bisa ditukar adalah 2500 poin. Jumlah ini setara dengan Rp. 250.000

GeoTimes Indonesia

Situs ini memberi ruang bagi penulis konten yang berminat menulis tema agama, ekonomi, politik, sosial. Geotimes Indonesia memiliki syarat bagi penulis konten. Anda bisa langsung membuka situs nya di geotimes.id

Remotivi

Remotivi menerima freelancer dari berbagai kalangan yang memiliki kepedulian terhadap isu-isu media, khususnya media Indonesia. Penulis yang ingin berkontribusi bisa mengirimkan tulisan  nya ke redaksi remotivi.or.id dan tunggu sekitar lima hari untuk mengetahui apakah tulisanmu lolos atau tidak.

Secara resmi Remotivi tidak menyebut honor penulis konten, namun dari informasi yang didapat, Remotivi bisa memberi honor mulai dari Rp. 350.000 sampai Rp. 1,5 juta untuk tulisan dengan range 800-2000 kata.

Basabasi

Memuat tulisan berupa puisi, esai, cerpen, dan artikel. Tulisan yang masuk akan disunting oleh tim kurator terlebih dahulu. Dari informasi di platformnya, setiap naskah yang dimuat akan mendapatkan fee: 300 ribu (cerpen), 250 ribu (puisi), 300 ribu (esai). 

Untuk informasi lengkapnya bisa langsung ke situs basabasi.co

Freelancer

Freelancer juga menjadi tempat pilihan bagi penulis untuk mendapatkan penghasilan. Penulis yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, bisa langsung mendaftar di freelancer.com. Mereka menawarkan pekerjaan sesuai dengan yang dibutuhkan para penulis freelancer, seperti content writing, copywriting, blog writing, translation, dan banyak lagi. 

Pilih skill yang tersedia di platform tersebut sesuai kemampuan menulis kalian. Kalian nanti akan diminta menuliskan penggambaran diri kalian, tentunya yang berkaitan dengan skill yang sudah kalian pilih, sehingga mereka bisa merekomendasikan kalian untuk mendapatkan pekerjaan. 

Itulah tadi 5 rekomendasi situs web bagi penulis yang ingin mendapatkan penghasilan dari karya menulisnya.

Selamat mencoba!