5 Pekerjaan Kreatif Berikut Terbuka Buat Lulusan Sastra

Bagikan

             “Anak Sastra emang bakalan kerja apa, sih?”

Beberapa orang bilang anak sastra hanya bisa jadi guru.  Mereka belum tahu aja kalau anak sastra bisa jadi: Apa Aja!

Yup. Sobat Bizlab yang saat ini sedang menjalankan hari-hari sebagai mahasiswa sastra, nggak perlu pesimis menjalani hidup. Saat ini, lulusan sastra justru dibutuhkan di banyak pekerjaan bergengsi, loh.

1. UX Writer

Lulusan sastra bisa banget jadi seorang UX Writer. UX Writer berperan penting dalam kemudahan penggunaan aplikasi user. Jelas aja, perusahaan bakalan membutuhkan kalian lulusan sastra yang mahir meracik kata untuk menempati posisi UX Writer.

Wait. Untuk berkarir sebagai seorang UX Writer, ada banyak persiapan yang harus kamu lakukan. Mulai belajar sekarang juga tentang UX Writer lewat banyak sumber yang bisa Sobat Bizlab pelajari.

2. Copywriter

Sadar nggak sih kalau saat ini hampir semua orang punya toko online sendiri? Singkatnya, semenjak masa pandemi datang, jumlah toko online yang ada makin banyak saja jumlahnya.

Banyaknya toko online yang muncul tersebut membuat banyak perusahaan membutuhkan Copywriter, loh. Ini nih saatnya kamu yang lulusan sastra unjuk gigi dengan skill kamu mengolah kata singkat yang ajaib!

Yup, skill kamu di pelajaran bikin pantun tentu berguna banget sebagai bekal menjadi copywriter. Karena terlatih bikin kalimat padat yang menjual, seorang copywriter banyak dicari oleh perusahaan, loh.

3. Content Writer

Nggak semua orang mampu mengolah kalimat yang enak dibaca. Fakta? Fakta! Banyak orang mampu menulis. Namun, nggak semua orang bisa membuat kalimatnya asyik dibaca. Mereka yang punya skill menulis yang enak dibaca ini biasanya berasal dari lulusan sastra.

Sebagai lulusan di jurusan ini, kamu bisa banget terjun sebagai seorang content writer. Asal tau aja, setiap perusahaan pasti mempunyai web. Setiap web juga pasti membutuhkan seorang content writer untuk mengisi konten, loh.

4. Tour Guide

Pekerjaan tour guide ini seru dan bergengsi, loh! Untuk satu perjalanan saja, honor yang diberikan bisa mulai dari 500.000 IDR perwisatawan. Bila satu kali perjalanan ada 10 wisatawan yang ditemani, kalikan saja berapa honor yang didapat dari guide. Sebagai seorang lulusan sastra, tentunya aktivitas Guide bukanlah hal baru lagi bagi kamu. Terjun ke pekerjaan ini? Ok banget!

5. Scriptwriter

Seorang scriptwriter sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan saat ini, loh. Kemampuan imajinasi dan merangkai kata yang baik jadi salah satu hal yang dibutuhkan bila ingin berkari jadi scriptwriter.

Kamu lulusan sastra? Tertarik coba 5 pekerjaan bergengsi di atas? Yuk persiapkan mulai dari sekarang.  

Leave a Reply