5 Cara Mengatasi Grogi Saat Berbicara di Depan Umum

Bagikan

Nervous merupakan musuh utama bagi setiap manusia ketika sedang berbicara di depan umum. Saat kita hendak berbicara di depan umum seringkali kita merasakan grogi sehingga membuat kita tidak nyaman dan terganggu konsentrasinya. Hal tersebut tentu memacu performa kita ketika berada di hadapan publik. Orang tentu akan dapat menilai cara kita berbicara di depan umum. Dengan demikian, seringkali kita merasa tidak percaya diri karena public speaking kita berada dalam nilai yang tidak memuaskan dihadapan publik.

Sebagai seseorang yang hidup dalam sosial, tentu seringkali secara mendadak kita dimintai oleh orang-orang sekitar untuk berbicara dihadapan publik. Entah memberikan sambutan acara atau hanya sekadar cuap-cuap untuk mengisi kekosongan acara. Dengan demikian kita terkadang kurang akan persiapan sehingga mau tidak mau kita harus berusaha untuk berbicara dengan baik agar tidak mengecewakan publik. Selain itu, bagi orang-orang yang bekerja sebagai MC ataupun hal-hal lain yang berbau public speaker tentu terkadang tidak terlepas dari rasa nervous atau grogi. Sehingga ketika mereka hendak naik ke atas panggung pikiran akan seketika kosong dan lupa tentang materi yang ingin disampaikan.

Oleh karena itu, sebagai seseorang yang tidak jauh dari dunia public speaking kita harus menguasai beberapa hal agar dapat mengatas rasa grogi ketika berada di atas panggung. Berikut ada beberapa cara agar kamu dapat mengatasi rasa grogi tersebut.

1. Jauhi Pikiran Negatif

Kerapkali ketika kita sedang diajak untuk berbicara di depan umum pikiran-pikiran negatif langsung berdatangan kepada otak kita. Sehingga dengan masuknya energi negatif tersebut maka otomatis akan membawa tubuh kita kepada hal yang negatif. Apabila hal tersebut sudah terjadi maka sudah dipastikan kita akan merasa grogi ketika berbicara di depan panggung. Badan seringkali merasa gemetar dan bahkan tidak jarang ada yang keluar keringat dingin.

Untuk itu, buanglah pikiran-pikiran negatif yang ada di kepala kamu sebelum memulai berbicara. Pikiran-pikiran seperti, “Apakah aku akan tampil baik dihadapan umum?” atau “Apakah orang-orang akan menyukai penampilanku?” tentu harus dibuang sejauh mungkin. Karena dengan pemikkiran tersebut maka akan mengganggu konsentrasi kamu ketika berbicara. Pikirkanlah hal-hal yang positif dan mulai berbicara dengan intensif.


2. Persiapkan Materi Dengan Matang

Apabila kamu seseorang yang menekuni profesi public speaking, tentu kamu sudah ahli dalam menguasai audiens ketika di atas panggung. Kendati demikian, seringkali para public speaker merasa ngeblank karena materi yang hendak disampaikan seketika lupa. Oleh karena itu, persiapkan dengan matang segala hal yang terjadi di luar dugaan. Memilih kata yang tepat saat menuliskan materi tentu akan mudah diingat. Apabila lupa akan kata tersebut, maka setidaknya kamu mempunyai cadangan kata yang selalu melekat di pikiranmu.

Mempersiapkan planning A-Z tentu menjadi hal yang penting bagi seorang public speaker. Pasalnya kita tidak akan pernah tahun apa yang akan terjadi ketika di atas panggung.

3. Berlatih Sebelum Berbicara

Setelah mempersiapkan materi dengan matang, adakalanya kamu juga harus mempersiapkan hal yang lainnya, seperti melatih berbicara. Kamu dapat melakukannya dihadapan cermin dan mulai berbicara. Kegiatan ini akan membangkitkan rasa percaya diri kamu, terlebih kamu dapat menghafal mimik mukamu ketika berbicara. Ritual ini juga seringkali dilakukan oleh orang-orang yang menekuni dunia public speaking.

Dengan berlatih secara terus menerus, maka kamu dapat berbicara dengan baik dihadapan umum.

4. Temukan Ketenangan Diri

Hal yang paling penting ketika berada di atas panggung adalah menemukan ketenangan diri. Kerapkali gerak tubuh kita mengganggu orang yang mendengarkan karena kita merasa tidak nyaman di atas panggung. Untuk itu, temukan ketenangan diri kamu ketika berada di atas panggung. Apakah dengan memasukkan tangan ke saku celana dapat membuat kamu tenang? Atau dengan menggerakan tangan ketika berbicara dapat membuat kamu tenang? Setiap orang memiliki karakternya masing-masing dan kamu harus mengetahui dirimu dengan baik.

5. Fokus Pada Diri

Setelah semua sudah siap dengan matang, maka kamu harus fokus kepada diri sendiri. Sesekali melihat audiens perlu namun kamu tetap harus fokus pada diri sendiri, terhadap apa yang sedang kamu bicarakan sehingga tidak terlihat kacau. Itulah 5 cara bagaimana mengatasi grogi ketika berbicara di depan umum. Tentu tidak sulit untuk berbicara dengan baik, namun kamu harus berlatih secara terus-menerus agar dapat memperbaiki penampilanmu di depan umum.

Mau belajar sendiri? Kamu bisa ikuti arahan trainer dari Akademi Bicara ini. Video course nya hanya Rp 79.000,-.

7 Comments

Leave a Reply