fbpx

Insight

5 Cara Memaksimalkan Instagram untuk Bisnis

cara memaksimalkan instagram untuk bisnis
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Instagram merupakan media sosial yang saat ini kerapkali digunakan oleh orang-orang. Media sosial dengan berbagai macam fitur tersebut memang memiliki kharisma yang sangat unik, terutama bagi para kalangan kaum muda. Mereka menjadikan instagram sebagai sarana untuk memposting beberapa foto atau video untuk dapat dilihat oleh banyak orang. Namun tahukah kamu bahwa instagram tidak hanya  sekadar media sosial untuk berbagi foto atau video saja, saat ini instagram bahkan dapat dijadikan sebagai ladang bisnis online.

Tepat pada bulan Mei 2016 lalu, instagram resmi mengumumkan bahwa mereka telah merilis fitur Instagram For Business. Dengan adanya fitur tersebut, maka seluruh pengguna instagram dapat menjadikan akunnya sebagai akun bisnis dan hal itu dilakukan tanpa biaya sepeser pun alias gratis. Hal ini tentu sangat menguntungkan pengguna instagram yang memiliki bisnis online untuk mempromosikan produk-produk mereka. Pasalnya Instagram merupakan salah satu media sosial yang memiliki pengaruh besar untuk menjalankan bisnis. Sampai sekarang, tercatat Instagram sudah memiliki 700 juta pengguna dan setiap harinya ada sekitar 60 juta foto yang dibagikan dan dapat memberikan 1,6 milyar likes. Melihat statistik yang ditampilkan oleh Instagram tersebut, maka peluang terbuka sangat lebar untuk menjalankan bisnis dan mempromosikannya di Instagram.

Setelah mengetahui tentang dampak yang diberikan oleh Instagram terhadap suatu bisnis, maka tentu sangat disayangkan apabila tidak memanfaatkan media sosial tersebut sebagai ladang bisnis. Untuk itu, dalam artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara memaksimalkan media sosial Instagram untuk menjalankan bisnis online:.

1. Menyusun Konten

Konten yang baik tentu akan menarik perhatian followers kamu. Buat sekreatif mungkin konten yang akan kamu masukkan di dalam akun bisnis Instagram. Buatlah caption yang berisi persuasif untuk melihat produk kamu secara mendalam. Jangan remehkan caption, sebab caption merupakan  senjata utama untuk mengajak audience untuk mengenali akun bisnismu. Selain caption, kamu juga harus memperhatikan desain dari foto yang akan kamu  upload. Buat desain yang simpel dan gampang diingat oleh orang. Dengan begitu, maka orang akan tertarik melihat produk yang kamu tawarkan sehingga membuat mereka ingin membelinya.

2. Perhatikan Insight

Ketika kamu sudah mengubah akun Instagrammu menjadi akun bisnis, maka di situ akan tertera fitur yang bernama insight. Insight di Instagram dapat membantu kamu untuk mengetahui postingan mana yang mempunyai jangkauan dan impresi yang engagement yang paling tinggi. Selain itu dari Insight kamu juga dapat mengetahui mengenai jenis followers kamu. Berapa persen laki-laki dan perempuannya serta kisaran usia berapa yang menjadi followersmu.

Dengan informasi-informasi tersebut, maka kamu dapat mengenali lebih dalam mengenai  followers akunmu serta demografis audience kamu. Dari informasi itu, maka kamu dapat membuat konten yang lebih sesuai dengan followersmu sehingga akan membuat jangkauan akun instagram bisnismu semakin tinggi dan menarik bagi followers.

 3. Promote

Instagram menyediakan fitur promote bagi siapa saja yang ingin mempromosikan akun bisnisnya sehingga mendapatkan jangkauan yang lebih banyak. Kamu dapat mempromosikan akun bisnismu sehingga menjadi ads atau iklan di dalam Instagram. Di dalam fitur promote tersebut kamu dapat memilih audience sesuai dengan target. Setelah melakukan hal tersebut maka akun bisnismu akan menjadi iklan di Instagram dalam jangka waktu yang sudah kamu pilih sebelumnya.

Dengan fitur promote ini tentu saja akun bisnimu akan memiliki jangkauan yang lebih jauh hingga tersebar hingga penjuru dunia. Selain itu kamu juga dapat mengetahui target sasaran audience yang sesuai dengan bisnis kamu sehingga dapat membuat konten yang bagus serta memperbaiki strategi marketing dengan baik.

4. Waktu Upload

Saat ini algoritma Instagram terbilang sangat rumit. Beranda tidak menampilkan postingan sesuai jam terbaru sehingga hal tersebut tentu akan mengakibatkan postingan kamu sering tenggelam dari beranda followers. Oleh karena itu maka kamu harus memperhatikan waktu upload secara baik yaitu dengan melakukan tes di waktu yang berbeda. Setelah melihat hasilnya, maka kamu dapat mengetahui kira-kira kapan waktu yang pas untuk mendapatkan jangkauan yang tinggi dari followers.

Kamu juga dapat mengatur jadwal postinganmu di Instagram setiap harinya. Ada banyak aplikasi yang dapat mengatur jadwal postingan, salah satunya dapat kamu lihat di sini.

5. Menggunakan Influencers

Apabila bisnis online kamu sudah berkembang, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan influencers untuk mempromosikan bisnis kamu. Karena selain memasang ads di Instagram, menggunakan jasa influencers tentu akan semakin membuat bisnis kamu semakin berkembang dan banyak diketahui oleh orang.

Dengan melakukan kelima tips tersebut, maka secara perlahan-lahan akun bisnismu akan berkembang dan mendapatkan jangkauan yang lebih tinggi. Apabila dirasa kurang, maka kamu dapat mempelajari Instagram untuk marketing dari sini. Di dalam pembelajaran online tersebut kamu akan disuguhkan tentang bagaimana caranya memaksimalkan Instagram untuk bisnismu.

One thought on “5 Cara Memaksimalkan Instagram untuk Bisnis

Berikan komentar