5 Cara Agar Kamu Dapat Menjadi Copywriter Yang Mahir

Bagikan

Setelah kemarin telah membahas tentang dasar-dasar dari copywriting,  maka pada artikel ini kita akan membahas bagaimana menjadi seorang copywriter yang mahir dan profesional. Merayu calon pelanggan lewat sebuah kata-kata merupakan salah satu tugas seorang copywriter. Pasalnya seperti yang sudah kita ketahui bahwa salah satu senjata utama dalam berbisnis di dunia online saat ini adalah dengan memaksimalkan sebuah kata-kata. Dengan kata-kata, calon pelanggan akan luluh dan terlena untuk membeli produk yang kita jual.

Seorang copywriter tentu memiliki tantangan tersendiri ketika melakukan tugasnya untuk memikat calon pelanggan agar setidaknya tertarik dengan produk yang dijual. Namun apabila seorang copywriter berhasil menguasai tekniknya, maka besar kemungkinan ia akan meraup hasil yang besar dari penjualannya tersebut! Wow, sangat menggiurkan bukan? Dengan hanya permainan kata kita dapat menjual produk dalam skala yang sangat banyak, bahkan bisa lebih banyak kedepannya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjadi seorang copywriter yang mahir

1. Kuasai Buyer Persona

Buyer persona adalah perwakilan rata-rata dari pelanggan ideal kamu. Siapa yang paling memungkinkan untuk membeli produk atau menggunakan jasa dari kamu, maka hal tersebut dapat dijadikan sebagai buyer persona. Kita tidak dapat menjual produk atau jasa kita kepada semua orang karena itu bisa dikatakan tidak akan efektif. Lupakan semua calon pelanggan yang kemungkinan besar tidak akan fokus kepada produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Contoh, apabila kamu menawarkan jasa belajar online mengenai public speaking. Lalu kamu menargetkan pasarmu kepada orang-orang yang ingin belajar public speaking. Sebenarnya hal tersebut tidak salah, namun bisa dikatakan itu masih terlalu luas. Spefisikasikan lebih dalam lagi mengenai target pasar kamu. Misal, targetkan jasa belajar online public speaking kepada para pegawai yang kerapkali bepresentasi dihadapan klien atau kepada orang-orang yang hendak belajar untuk menjadi MC ataupun presenter.

2. Jangan Gunakan Bahasa Kaku

Berbeda dengan bahasa Indonesia yang kamu pelajari ketika di sekolah yang terkesan baku, saat kamu menjadi seorang copywriter maka hal yang harus kamu lakukan adalah dengan tidak menggunakan bahasa kaku untuk mempromosikan produk atau jasa kamu. Para pembaca tentu akan sangat bosan ketika kamu menggunakan bahasa kaku. Sehingga dengan demikian, apabila bahasamu terlihat kaku, mungkin para pembaca hanya bertahan selama satu menit kemudian mereka akan pergi dari situsmu.

3. Pahami Keinginan Calon Pelanggan

Seorang calon pelanggan tidak akan pernah peduli terhadap sejarah bisnis kita. Mereka hanya peduli terhadap apa yang mereka inginkan. Dengan demikian, menjadi seorang copywriter tentu harus mengetahui apa informasi yang paling dibutuhkan oleh calon pelanggan, lalu tambahkan informasi penunjang untuk memikat calon pelanggan. Jangan sampai kamu bertele-tele untuk menjelaskan sejarah bisnismu ketika sedang melakukan promosi. Karena apabila kamu melakukan hal tersebut, maka besar kemungkinan para pelanggan akan tidak akan peduli dan merasa bosan.

4. Cobalah Gunakan Story Telling Dalam Promosi

Berbeda dengan menceritakan sejarah bisnismu, story telling yang dimaksud di sini adalah kamu mencoba untuk menyampaikan apa cerita di balik produk atau jasa yang ingin disampaikan. Pasalnya orang akan tertarik dengan cerita yang akan kamu sampaikan karena hal tersebut bersifat personal. Giring imajinasi pembaca ke dalam sebuah cerita yang kamu sampaikan, kemudian masukkan promosi di akhir cerita agar pembaca tertarik dengan ajakanmu.

Coba kita lihat  brand seperti Apple, mereka berhasil menyampaikan pesan soal simplicity dan lifestyle. Jelas dapat disimpulkan bahwa salah satu rahasia dibalik kesuksesan Apple terletak dalam kemampuan bercerita mengenai keunggulan produk mereka.

5. Mencari Trend Yang Sedang Terjadi

Dalam dunia online tentu tidak akan pernah terlepas dari yang namanya SEO (Search Engine Optimization). SEO menjadi hal yang sangat penting bagi seorang copywriter apabila ingin kontennya muncul di halaman pertama google. Untuk mencapai hal tersebut, maka kamu harus memahami keywords yang tepat untuk memudahkan konten muncul di halaman pertama Google. Pahami trend yang sedang terjadi belakangan ini, dan masukkan keywords trend tersebut ke dalam kontenmu agar menjadi SEO Friendly.

Itulah 5 cara agar kamu dapat menjadi seorang copywriter yang mahir dan profesional. Dari kelima hal tersebut, kamu memang mampu menjadi seorang copywriter yang handal, namun kamu belum dapat menjual produk atau jasa kamu dengan sangat efektif. Masih ada beberapa teknik lagi agar kamu dapat menjadi seorang copywriter yang dapat menjual produk atau jasamu dalam jumlah skala yang banyak.

Ingin tahu mengenai tekniknya? Di Kelas WhatsApp Belajar Copywriting, kamu bisa belajar seluk beluknya mulai dari memahami psikologi pembaca, psikologi berjualan yang kemudin bisa ditulis kedalam kalimat promosi yang bisa “menyihir”. Lihat materinya dan daftar di sini.

Leave a Reply