fbpx

Insight

4 Tools Content Writer Mencari Keyword yang Trending Untuk Bahan Tulisan

content writer
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

“Keywordnya ini ya…. jangan sampai lupa disisipkan dalam tulisan kamu”

Untuk kamu yang berprofesi sebagai content writer, tentu pernah setidaknya mendapatkan brief seperti ini. Saking pentingnya keyword dalam suatu tulisan, seorang content writer bisa tidak diterima tulisannya oleh content editor ketika keywords ini nggak dimasukkan dalam tulisan. Well, sebenarnya, seorang content writer sendiri juga bisa kok mencari keywords untuk konten yang akan ia buat. Jadi, content writer nggak harus melulu menunggu keywords dari content editor dulu. Kamu pun, yang bukan content writer juga bisa mencari keywords yang tepat untuk artikel di blog kamu. Gimana caranya?

1. Google Search

Cobalah buat mengetikkan kata kunci tertentu di kolom pencarian google. Kamu akan mendapatkan beberapa kata kunci terkait yang menunjukkan besarnya volume pencarian. Keywords terkait yang muncul tersebut merupakan salah satu kata kunci yang sedang banyak dicari oleh orang-orang. 

2. Keywordtool.io

Website ini bisa jadi salah satu referensi untuk mencari keywords populer yang sedang ramai dibicarakan banyak pengguna internet. Kamu tinggal mengetikkan kata kunci yang dibidik dan voila! akan muncul banyak sekali perbandingan maupun tingkat popularitas kata kunci yang dibidik dengan kata kunci lainnya. 

3. Google Trends

Kamu juga bisa menggunakan layanan google trends untuk mengetahui seberapa ramai tingkat lalu lintas kata kunci tersebut di kolom pencarian. Ada long tail keyword yang masih berkaitan dengan kata kunci utama yang kamu cari. Hasil dari google trends dipastikan bisa realtime. Namun, long tail yang ditampilkan masih terbatas. 

4. Ubersuggest

Ubersuggest juga punya beberapa saran kata kunci populer. Nggak hanya itu, buat kamu yang mengurus blog dan ingin mengembangkan trafficnya, bisa banget lihat saran kata kunci apa yang bisa digunakan untuk blog kamu. Ubersuggest juga punya fitur yang dapat digunakan untuk melihat hasil cpc dari tiap kata kunci terkait. 

4 tools di atas bisa kamu gunakan untuk riset kata kunci dalam memulai karir sebagai content writer. Well, sebenarnya masih banyak banget ilmu yang harus kamu kuasai untuk menjadi content writer handal. Kamu pun juga bisa memulai kelas onlinenya di link berikut ini: 

https://bizlab.co.id/belajar-content-writing/

Berikan komentar