4 Tips Jago dan Lancar Public Speaking Buat Pemula

Bagikan

Hai sobat Bizlab, tahukah kamu public speaking saat ini menjadi salah satu kemampuan yang cukup penting dalam dunia karir. Dapat berbicara di depan umum dan mampu berkomunikasi dengan baik biasanya menjadi poin plus seseorang dalam dunia pekerjaan.

Nah apakah di kantor atau organisasi kamu sering ditugaskan untuk menyampaikan materi atau informasi di depan umum dan merasa sangat nerveous/kurang cakap dalam menyampaikannya?

Eits jangan khawatir, kamu bisa menyimak beberapa tips jago public speaking khusus untuk pemula yang bisa kamu terapkan dan coba agar public speaking mu lancar.

Berikut Ini Tips-Tips Jago Public Speaking Buat Pemula

Kuasai Materi yang Akan Disampaikan

Kuasailah materi yang akan disampaikan. Hal ini adalah kunci dari apapun yang akan kamu sampaikan nantinya. Menguasai materi juga membantu mu mengurangi grogi dan nerveous untuk menyampaikan informasi pada khalayak umum. Kamu pun jadi lebih mantap dan maksimal dalam berbicara.

Sesuaikan dengan Audiens yang Kamu Ajak Bicara

Kamu juga harus pintar dalam memposisikan diri dengan siapa kamu berbicara. Hal ini agar kamu nantinya bisa menggunakan gaya bahasa yang sesuai dengan audiens mu. Formal, nonformal, atau semi formal. Hal ini juga bermanfaat agar nantinya kamu bisa lebih lancar dan luwes menyampaikan kepada umum.

Interaksi dengan Audiens

Jangan lupa saat menyampaikan materi mu di depan umum, lakukanlah komunikasi dalam dua arah. Kamu bisa berinteraksi dengan audiens mu seperti menyediakan sesi tanggapan atau pertanyaan maupun melakukan games kecil yang membuat audiens semakin nyaman dan tidak bosan mendengarkan materi mu.

Terus Berlatih

“Practice makes perfect!” Terakhir, agar public speaking mu semakin mantap dan maksimal tentu saja sebelumnya kamu harus terus berlatih terus menerus agar pelafalan, intonasi, dan materi yang disampaikan dapat lancar. Kamu bisa bisa berlatih di depan cermin atau meminta bantuan rekan-rekan mu untuk berlatih secara langsung.

Nah itulah sobat Bizlab sedikit tips jago public speaking untuk pemula yang dapat kamu terapkan sebelum menyampaikan materi mu. Tentu saja tak hanya beberapa tips berikut ini yang dapat membantu mu lancar public speaking tapi juga kamu bisa belajar melalui mentor-mentor maupun kelas-kelas public speaking seperti di kelas ini.

Leave a Reply