4 Tips Cari Referensi Ide Menulis

Bagikan

Menulis merupakan sebuah profesi yang mengutamakan proses kreatif seseorang. Apakah kamu salah satu yang berprofesi sebagai penulis?

Entah sebagai freelance writer maupun fulltime di beberapa perusahaan, memiliki profesi sebagai penulis tak jarang memiliki kendala terkait ide atau konten yang akan dibuat atau dengan kata lain merasa “buntu”.

Hal inilah yang menjadi momok paling menyebalkan para penulis karena terkadang mereka sudah menulis berbagai konten dan merasa sudah kehabisan ide atau sulit mengembangkannya.

Untuk kamu yang merasakan hal seperti ini yuk simak tips bagaimana mencari referensi ide untuk menulis.

Apa saja tips cari referensi ide menulis?

Sering-Sering Baca Buku atau Artikel

Tips pertama adalah rajin-rajinlah untuk membaca berbagai buku atau berbagai artikel di media. Sering membaca berbagai tulisan akan menambah wawasan mu tersendiri. Kamu pun akan merasa mendapatkan insight baru yang secara tidak langsung dapat menambah referensi ide-ide konten yang dapat kamu jadikan bahan tulisan. Selain itu, sering membaca juga memberikan tambahan diksi-diksi baru yang dapat menjadi inspirasi mu menulis.

Berpergian ke Suatu Tempat

Jika dirasa kamu benar-benar stuck dan sama sekali masih belum menemukan referensi ide-ide konten menulis, kamu bisa gunakan cara satu ini yaitu dengan berpergian ke suatu tempat.

Entah taman, perpustakaan, café, atau berbagai tempat yang dapat kamu rasa nyaman dan membuat mu sedikit refresh dari kepenatan pekerjaan.

Dengan seperti itu, kamu bisa dapat melakukan pengamatan terhadap lingkungan setempat yang mungkin bisa menjadi salah satu referensi ide menulis yang bisa kamu jadikan konten.

Diskusi dengan Orang Lain

Jika dirasa kamu masih belum menemukan ide menulis yang pas dan sesuai konten yang dimaksud, kamu bisa melakukan diskusi dengan orang lain. Diskusi dan bertukar pikiran dengan orang lain merupakan hal yang cukup menyenangkan.

Tak hanya menambah wawasan, kamu bisa mendapatkan ide-ide tak terduga dari lawan bicara mu yang bisa kamu kembangkan kembali untuk membuat konten.

Buat List Poin-Poin dari Pengamatan

Tips selanjutnya adalah dengan melakukan pengamatan sendiri pada lingkungan sekitar mu. Memang kamu belum bisa menentukan ide atau konten yang akan dibuat. Maka dari itu kamu bisa membawa note kecil untuk menulis apa saja yang kamu rasa unik dan berpotensi untuk bisa dijadikan konten tulisan mu.

Yang penting tulis dulu aja poin-poinnya dan kemudian luangkan waktu untuk mengembangkan ide dari poin-poin yang kamu tulis sebelumnya.

Nah sobat Bizlab untuk kamu yang terkadang kesulitan mencari ide menulis dan merasa “buntu”, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa tips di atas ya dan jangan lupa untuk terus kembangkan skill menulis mu dengan mengikuti berbagai kelas menulis di Bizlab.

Di sini kamu juga bisa bertanya sepuasnya mengenai segala hal tentang kepenulisan dengan para senior writer yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Leave a Reply