4 Strategi Anti Burnout Ketika Mengerjakan Proyek

Bagikan

Sebagai manusia biasa, kita tentu membutuhkan energi untuk mengerjakan banyak proyek. Bila hal ini dilakukan terus menerus, nggak hanya energi yang bisa terkuras. Pikiran pun juga bisa stress dan burnout.

Hm, namun, inilah resiko bekerja. Apapun jenis pekerjaannya, kemungkinan buat overwork itu pasti terjadi. Lama-lama, pikiran pun jadi burnout. Akan sangat berbeda pula produktivitas yang dikeluarkan saat kamu burn out dan enggak. Nih ya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa mengerjakan pekerjaan anti burn out. Terapkan strategi ini:

1. Tentukan Prioritas Pekerjaan

Salah satu hal yang menyebabkan seseorang burnout dalam pekerjaan adalah terlalu banyaknya detail yang masuk dalam otak. Hal ini terjadi biasanya karena seseorang terlalu multitasking dalam pekerjaan.

Akhirnya, sebuah detail nggak bisa berakhir dengan baik. Makin banyaknya pikiran yang masuk justru membuat seseorang burn out. Tentukan mana pekerjaan yang sebaiknya kamu prioritaskan dan selesai lebih dahulu. 

2. Anggarkan Waktu Tidur Kamu

Selalu sediakan waktu untuk tidur deh. Cara ini bisa kamu lakukan supaya pikiran lebih produktif dari hari ke hari. Kekurangan waktu tidur justru membuat ide-ide segar susah untuk tercipta. Pastikan kamu tidur cukup. 

3. Perhatikan Asupan Otak Kamu

Jangan lupa selalu memberi asupan otak kamu dengan zat-zat bermanfaat macam vitamin dan makanan seimbang lainnya. Diet yang tepat juga bisa membantu pikiran lebih bebas loh!

Konon, terlalu banyak makan bisa menghambat proses kreatifitas yang terjadi dalam diri. Beberapa penelitian lain juga membuktikan kalau kopi bisa membuat pikiran jadi lebih produktif untuk sebagian orang. Well, apapun asupan yang bikin otakmu jadi lebih mudah buat berfikir, rutinkan!

4. Bagi Pekerjaan Untuk Beberapa Hari

Kamu bisa membagi total pekerjaan yang kamu kerjakan hari ini untuk beberapa hari. Jangan lakukan sprint atau marathon pekerjaan karena itu justru menurunkan kualitas pekerjaan yang kamu lakukan.

Usahakan untuk memberi deadline supaya pekerjaan selesai lebih cepat. Jumlahkan pekerjaan yang harus kamu bereskan dan bagi untuk beberapa hari. 

Leave a Reply