Login

Register

Login

Register

Insight

4 Skill yang Wajib Dikuasai Milenial

Skill yang wajib dikuasai milenial
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Generasi milenials memang seringkali menjadi perbincangan belakangan ini. Pasalnya generasi milenials merupakan generasi yang sangat beruntung karena mereka hidup di zaman ketika teknologi sudah canggih dan serba modern. Dengan begitu maka tidak heran apabila generasi milenials kerapkali disebut sebagai generasi yang dapat membawa gaya kehidupan yang baru dan unik. Generasi milenials seakan-akan menjadi generasi yang sangat diperhatikan oleh berbagai kalangan karena mereka memiliki potensi yang luar biasa untuk membawa kemajuan, baik untuk lingkungan sekitarnya maupun bangsa Indonesia.

Bagi kamu generasi milenials yang hendak terjun ke dalam dunia profesional tentu harus memiliki beberapa skill yang harus dikuasai sehingga tidak merasa minder. Pasalnya saat ini perusahaan-perusahaan tidak hanya memerlukan hard skill saja atau keahlian utama dalam suatu pekerjaan, melainkan juga butuh soft skill yang ada di dalam diri kamu. Soft skill merupakan kemampuan yang berkaitan dengan kepribadian kamu sehingga hal tersebut dapat menunjang kamu untuk mudah dalam terjun ke dalam dunia profesional.

Sebagai generasi milenials yang hidup  di zaman serba modern ini, tentu kamu harus memiliki 4 skill di bawah ini agar mendapatkan pekerjaan.

1. Paham Teknologi

Dari tahun ke tahun teknologi berkembangan dengan sangat pesat sehingga tidak heran apabila banyak sekali perubahan yang terjadi di sekitar kita. Dengan adanya perubahan tersebut tentu kita harus dapat menyikapinya dengan baik sehingga kita terkesan tidak terlalu ketinggalan zaman. Saat ini banyak sekali perubahan yang terjadi, terutama di dalam dunia teknologi. Di zaman yang serba modern ini kamu dapat memesan barang tanpa harus pergi ke toko. Kamu hanya perlu membuka gadget kamu lalu tinggal menunggu pesananan datang di rumahmu. Hal tersebut dapat terjadi karena saat ini banyak sekali e-commerce yang bertebaran seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dll.

Dengan adanya perkembangan teknologi tersebut, generasi milenials tentu harus paham teknologi. Setidaknya harus mengerti bagaimana kinerja media sosial dan menggunakannya dengan baik, tidak hanya cuman sekadar scroll down dan nyinyir terhadap orang lain. Pasalnya apabila generasi milenials tidak memahami media sosial maka itu merupakan sebuah kerugian yang sangat besar. Karena media sosial saat ini menjadi dunia kedua bagi generasi muda.

2. Problem Solving

Hidup di era yang sudah serba canggih tentu juga akan dihadapkan dengan berbagai masalah yang pelik. Sebagai generasi milenials kita harus mampu mengatasi masalah atau bisa disebut problem solving. Dunia profesional tentu tidak semudah yang kamu bayangkan. Kamu akan dihadapkan oleh berbagai masalah dalam pekerjaan sehingga mau tidak mau kamu harus mengatasi masalah itu dengan baik. Karena apabila sedikit saja kamu mengacaukan masalah tersebut, maka itu akan berakibat fatal terhadap posisi kamu di perusahaan. Oleh karena itu, ketika kamu sedang dihadapkan oleh berbagai masalah pekerjaan, maka kemampuan problem solving menjadi hal yang sangat penting.

3. Time Management

Waktu merupakan sesuatu yang sangat berharga ketika kamu berada di dalam dunia profesional. Sebagai generasi milenials, tentu kamu harus pintar dalam memanajemen waktumu. Membagi waktu tentu bukanlah hal yang susah dan tidak mudah untuk dilakukan. Dalam sehari setidaknya kamu sudah mengatur waktumu dari pagi hingga malam agar tetap produktif. Catatlah rencana kegiatan kamu dalam sehari di dalam buku sehingga kamu tidak akan lupa. Dengan begitu, maka kamu tidak akan keteteran dalam melakukan kegiatan pekerjaan maupun saat di luar pekerjaan. Eisenhower Matrix akan membantu kamu memprioritaskan pekerjaan, mana yang harus didahulukan dan mana yang bisa ditunda. Kamu bisa pelajari di sini.

4. Menguasai Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Saat ini banyak sekali perusahaan yang memberlakukan nilai TOEFL atau IELTS untuk syarat melamar ke perusahaan tersebut. Selain membutuhkan ketiga skill di atas, kamu juga harus menguasai bahasa Inggris sebelum terjun  ke dalam dunia profesional. Kamu dapat mengambil kursus bahasa Inggris terlebih dahulu atau belajar secara otodidak kepada teman sebelum nantinya akan mencari kerja.

Nah, bagi generasi milenials itu adalah  skill yang harus kamu kuasai sebelum menghadapi dunia pekerjaan. Tentu tidak sulit untuk melakukan keempat hal tersebut apabila kamu memiliki keinginan yang tinggi. Pasalnya dengan kemampuan tersebut kamu dapat memiliki pekerjaan yang bagus dan tidak menutup kemungkinan dapat memperlebar sayap hingga dunia internasional.

Berikan komentar

Tanya
1
Butuh bantuan?
Halo,
Ada yang bisa dibantu?
Powered by