4 Prospek Kerja di Bidang Penulisan Paling Dicari 2021

Bagikan

Hai sobat Bizlab, apakah kamu memiliki minat dan passion dalam bidang penulisan? Jika iya, hal tersebut merupakan sebuah kesempatanmu untuk semakin mengembangkan skillmu kedepannya. Hal ini karena bidang penulisan tak lagi dianggap remeh.

Profesi kreatif ini justru saat ini semakin banyak dibutuhkan banyak bidang perusahaan. Nah apa saja prospek kerja di bidang penulisan yang paling dicari tahun 2021 hingga beberapa tahun ke depan? Yuk, simak beberapa profesi kreatif satu ini

Content Writer

Content writer sudah menjadi profesi yang tak asing lagi kita temui. Content writer merupakan profesi bidang penulisan yang bertanggung jawab menulis berbagai konten yang informatif atau menghibur. Content writer biasanya bertanggung jawab menulis berbagai konten di media, website, atau blog perusahaan untuk meningkatkan engagement mereka pada audience.

Saat ini banyak sekali berbagai media dan perusahaan yang membutuhkan seorang content writer. Terlebih lagi seiring berkembangnya teknologi saat ini, content writer semakin dibutuhkan untuk mengisi konten pada website.

Copywriter

Dua bidang ini sama sama bergerak di penulisan tapi ternyata memiliki tujuan yang berbeda lo, copywriter lebih terarah pada kegiatan periklanan dan marketing. Saat ini copywriter paling banyak dibutuhkan dan dicari para perusahaan untuk meningkatkan penjualannya lewat iklan tertulis. Seorang copywriter harus mampu mempermainkan kata-kata agar menarik konsumen.

Ghostwriter

Ghostwriter juga salah satu profesi penulisan yang saat ini banyak ditekuni banyak orang. Berbeda dengan content writer atau copywriter, ghostwriter biasanya memiliki beberapa klien pribadi untuk membantu penulisan berbagai project seperti penulisan buku, atau seseorang yang sedang membutuhkan bantuan penulisan apa saja tanpa mencantumkan nama penulisnya (ghostwriter) itu sendiri.

Jika kamu salah satu yang sering menjadi ghostwriter, tentu saja hal tersebut dapat terus kamu tekuni dan kembangkan. Selain mendapatkan pengalaman dan pelajaran, fee ghostwriter biasanya juga cukup besar dibanding bidang penulisan lainnya.

Screenwriter

Kamu tertarik dalam bidang perfilman? Tentu saja seorang writer memiliki peran penting dalam menulis naskah tersebut. Profesi ini biasa disebut dengan screenwriter. Tentu saja penulisan kreatif benar-benar sangat dibutuhkan di bidang ini. Kamu juga harus bersiap untuk menghadapi kritik  untuk memperbaiki hasil revisi. Gaji yang ditawarkan pun tergantung proyek yang dikerjakan. Menarik bukan?

Itulah beberapa prospek kerja di bidang penulisan yang paling banyak dibutuhkan tahun 2021 hingga beberapa tahun ke depan. Tentu saja profesi kreatif ini masih terbilang masih banyak dibutuhkan terus menerus dan belum dapat tergantikan dengan robot. Ingin mengasah skill penulisan kreatifmu? Kamu bisa gabung di kelas penulisan Bizlab satu ini.

Leave a Reply