fbpx

Insight

4 Kesalahan Rebranding yang Sebaiknya Dihindari Biar Bisnis Kamu Sukses

kesalahan branding
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rebranding itu penting banget buat kesuksesan bisnis. Saking pentingnya, keberlanjutan bisnis ditentukan pula dari kesuksesan rebranding. Cuma ada dua hasil dari rebranding: Bisa sukses, atau tidak menghasilkan sama sekali.  Nah, biar branding yang kamu lakukan sukses, jangan lupa buat hindari 4 kesalahan rebranding berikut ini:

1. Jangan Sampai Bisnis Kamu Punya Nama yang Sama dengan Perusahaan Lain

Jangan sampai deh bisnis kamu punya nama yang sama dengan bisnis lain. Mirip sih nggak apa-apa. Tapi, sebisa mungkin hindari nama yang sangat sama dengan bisnis lain. Ingat juga untuk membuat namanya relevan dengan produk yang bakal kamu jual. 

2. Tidak Menggunakan Top Level Domain

Menggunakan top level domain merupakan pilihan biar bisnis kamu makin stand out. Ini juga memudahkan banyak orang untuk mengenali bisnis kamu lebih profesional. Salah satu kesalahan rebranding yang sering terjadi adalah nggak menggunakan TOP level domain.

3. Tidak Mendengarkan Opini Rekan Kerja

Salah satu kesalahan yang nggak disadari dari rebranding itu adalah nggak mendengarkan opini rekan kerja. Dalam berbisnis, kita nggak boleh idealis-idealis banget. Meminta orang lain buat beropini itu bagus banget buat kelanjutan bisnis sobat Bizlab. 

Kita nggak bakal tahu siapa-siapa aja yang punya ide-ide bagus, loh. Perspektif tiap orang itu beda-beda, jadikan itu aset berharga kamu. 

4. Melakukan Branding Secara Berlebihan

Salah satu kesalahan yang nggak disadari dari banyak orang yang melakukan branding adalah: Berlebihan!

Melakukannya secara masif itu sah-sah aja, kok! Cuman, kamu nggak boleh melakukannyas secara berlebihan. Maksud berlebihan itu gimana, sih?

Berlebihan disini maksudnya adalah melakukan rebranding dengan menghalalkan segala cara. Misalkan saja, kamu menggunakan isu-isu sensitif yang memancing keributan untuk branding, menipu customer, dan segala hal lainnya. 

via pexels.com

Di Twitter, sempat viral salah satu perusahaan yang melakukan branding dengan sengaja menggunakan akting orang hilang sebagai tema. Tema ini jadi hujatan banyak netizen yang nggak setuju dengan tindakan ini. Isu orang hilang lagi sensitif banget di Indonesia, sih. Jadi, sebaiknya sobat Bizlab nggak menggunakan isu-isu yang sensitif macam ini. 

Nah, kalau sudah tahu apa saja yang nggak boleh dilakukan saat rebranding, saatnya buat menerapkannya ya sobat Bizlab!

Berikan komentar