4 Hal yang Harus Diwaspadai Saat WFH

Pandemi masih saja berlangsung, bahkan saat ini pemerintah pun memutuskan untuk melakukan pembatasan kegiatan beraktivitas salah satunya menerapkan work from home (WFH) 

Mungkin WFH sudah tak asing lagi bagi kita saat ini. Tentu saja hal ini memiliki dampak tersendiri bagi sebagian para karyawan. Ada positif maupun negatifnya. Tetapi tahukah kamu bahwa saat WFH terdapat beberapa hal yang harus diwaspadai? salah satunya burn out. apakah itu? mari simak beberapa hal yang harus diwaspadai saat WFH. 

4 hal yang harus diwaspadai saat WFH

Burnout Syndrome 

Pada awal pembukaan telah disinggung satu hal yang harus diwaspadai saat karyawan sedang WFH adalah burnout. Lantas apakah pengertian burnout? menurut WHO, burnout merupakan kondisi stress kronis akibat pekerjaan yang ditandai dengan rasa lelah, kesal dengan pekerjaan, dan rasa ketidakpuasan. 

Kondisi tersebut akan dialami secara fisik maupun emosional. Beberapa burnout yang biasanya dialami pekerja adalah kesulitan berpikir dengan jernih, semakin sering menunda-nunda, dan merasa tidak punya waktu untuk diri sendiri. Ada beberapa cara untuk mencegah burnout seperti hindari multitasking, pasang alarm untuk tanda selesai kerja, dan lakukan komunikasi secara baik dengan team lead. 

Nyeri Leher dan Punggung 

Saat WFH banyak juga beberapa karyawan yang justru kurang konsentrasi maupun merasa lebih melelahkan. Karena juga posisi kursi atau meja yang terkadang kurang ideal, hal tersebut tentu saja akan membuat risiko nyeri leher dan punggung. 

Untuk mengatasi hal ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan, pertama adalah jaga postur tubuhmu berada dalam posisi tidak membungkuk, kedua,  menggunakan bantal sebagai alas duduk kursi, ketiga sesekali lakukan berjalan kaki sekitar 30-60 menit. 

Computer Vision Syndrom (CVS)

CVS merupakan suatu keluhan penglihatan akibat terlalu lama bekerja di depan komputer atau laptop. Gangguan tersebut dapat mengakibatkan penglihatan kabur, mata cepat lelah, kering, sakit kepala, hingga leher dan pundak sakit. 

Untuk itu mencegah hal-hal tersebut terjadi dapat dilakukan dengan mengatur kontras laptop atau komputer, mengatur jarak pandang mata sekitar 40-60 cm dengan posisi duduk tegak dan istirahatkan mata secara berkala. 

Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

CTS merupakan jenis penyakit yang menyebabkan jari tangan mengalami sensasi kesemutan, mati rasa, hingga nyeri. Biasanya bagian jari tangan yang paling sering terpengaruh adalah seperti jari tengah, ibu jari, dan telunjuk. 

Bagi kamu yang merasakan CTS, jangan khawatir karena dapat ditangani dengan cepat dan mudah seperti rendam menggunakan air es sekitar 10-15 menit, kibaskan tangan perlahan di sisi tempat tidur untuk meringankan rasa sakit, dan istirahatlah sejenak dari aktivitas harian kamu. 

Nah itulah beberapa hal yang harus diwaspadai saat WFH ya sobat Bizlab. Ada baiknya kamu tetap meluangkan beberapa jam untuk istirahat dan memberikan waktu untuk dirimu sendiri seperti refresh sejenak dengan melakukan hobimu sebentar. Tak hanya itu, sambil istirahat kamu juga membaca berbagai artikel bermanfaat untuk memperdalam skillmu salah satunya beberapa artikel di Bizlab yang banyak sekali menyinggung terkait karir, pengembangan diri, dan tipsp-tips seputar bisnis. 

Tinggalkan Balasan