4 Hal Pentingnya Membangun Customer Relationship Management

Bagikan

Sebagai seorang pebisnis atau marketing tentu saja kamu dituntut untuk selalu berhubungan dengan pelanggan. Tak hanya dalam proses transaksi jual beli, tapi juga dalam memberikan pelayanan sampai dengan membangun kepercayaan para customer. Hal yang penting lainnya adalah membangun customer relationship management.

Apa itu customer relationship management?

Customer relationship management / CRM merupakan salah satu strategi pemasaran dalam mempertahankan klien/pelanggan yang telah ada dengan mengelolanya untuk dapat melakukan pembelian berulang dan tidak beralih pada kompetitor.

Sebagai pengelola bisnis, kamu harus mampu dan memperhatikan hubunganmu dengan pelanggan. Hal ini bermanfaat agar dapat membangun loyalitas dan kepercayaan produkmu dengan pelanggan yang sudah lama maupun pelanggan baru.

Lantas mengapa CRM dianggap sangat penting untuk kelangsungan bisnis? Inidia 4 hal pentingnya membangun CRM dalam bisnismu. Simak ya sobat Bizlab.

Membangun Loyalitas Pelanggan

Dengan membangun customer relationship management, perusahaan mampu memanfaatkan segala informasi pelanggan dari berbagai akses seperi call center, website, chat live, dan lain sebagainya. Hal ini berguna untuk menanyakan perihal feedback pada pelanggan dan tentu saja dapat menjadi kritik dan saran untuk membangun produk lebih baik dan sesuai kebutuhan customer.

Mengetahun Trend Pasar

Membangun CRM berguna sekali untuk produkmu tak hanya berkembang tapi juga memberikan berbagai inovasi terbaru menurut data informasi pelanggan melalui CRM tersebut. Sehingga nantinya, produk yang diluncurkan sesuai dengan waktu dan target pasar yang dituju.

Mengurangi Biaya Iklan

Dengan memaksimalkan CRM, kamu dapat mengurangi beberapa biaya salah satunya biaya iklan yang cukup besar. Kamu bisa lebih fokus membangun hubungan dengan pelanggan lama maupun baru dalam jangka panjang. CRM juga bertujuan untuk menciptakan hubungan saling menguntungkan dengan pelanggan melebihi sekadar dari transaksi pembelian pertama.

Meningkatkan Penjualan

Membangun CRM artinya kamu dapat mengetahui berbagai data secara detail apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pelanggan sehingga nantinya produkmu dapat berekspansi dan dibuat sesuai kebutuhan sehingga dapat meningkatkan sebuah penjualan suatu brand. 

Nah Sobat Bizlab, itulah beberapa hal penting mengapa para pebisnis wajib membangun CRM. apakah kamu salah satu pebisnis yang sudah mulai membangun customer relationship management? Jika belum, kamu bisa belajar mulai sekarang dengan salah satu kelas Bizlab satu ini bersama Aldo seorang CRM Specialist. Selamat belajar ya.

Leave a Reply