Login

Register

Login

Register

Insight

3 Tips Menulis Artikel Dengan Lancar

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Menulis tentu bukanlah hal yang sangat mudah untuk dilakukan saat ini. Butuh ketenangan yang sangat dalam serta keberanian yang tinggi untuk mulai menuliskan sesuatu tentang apa saja yang ada di dalam diri kita. Menulis bukan hanya tentang mengeluarkan ide pikiran yang ada di kepala kita, melainkan juga tentang merangkai kata sedemikian rupa supaya dapat dibaca dengan enak dan mudahi dipahami oleh para pembaca. Dengan menulis, kamu dapat menyampaikan aspirasi ataupun opini kamu sehingga timbul pesan yang akan dimaknai oleh para pembaca. Tulisan tersebut tentu bisa dalam bentuk apa saja, mulai dari puisi, cerpen, hingga sebuah artikel.

Saat ini, tentu banyak sekali orang-orang yang berkeinginan untuk dapat menulis artikel dengan sangat baik. Menulis artikel merupakan hal yang sangat menyenangkan. Sebab, selain kamu dapat menuliskan tentang keresahan kamu di dalam lingkungan sekitarmu, dari artikel kamu juga dapat menghasilkan uang dengan hanya menulis saja. Sudah banyak sekali jasa-jasa pembuatan artikel saat ini, sehingga tidak jarang banyak yang meraup pundi-pundi uang dengan hanya bermodalkan laptop dan jaringan internet saja untuk membuat artikel.

Seperti halnya menulis hal lain, dalam pembuatan artikel tentu kamu harus memahami apa topik yang hendak kamu angkat dalam artikel yang kamu tulis. Dengan begitu, maka kamu sudah mengetahui satu arah untuk menuju ke artikel yang ingin kamu tuliskan. Untuk lebih jelasnya, berikut ada beberapa tips bagi kamu untuk dapat menulis artikel dengan lancar.

1. Perhatikan Judul Dengan Seksama

Setelah merenungkan tentang topik apa yang akan kamu angkat ke dalam sebuah artikel, kamu harus membuat judul dengan sangat bagus untuk menarik perhatian pembaca. Tentu seringkali kamu mendengar tentang kalimat “pandangan pertama akan meninggalkan kesan yang sempurna”. Nah judul yang bagus tentu akan menjadi suatu yang pertama kali dilihat oleh pembaca sebelum memulai membaca artikel yang kamu tulis.

Tentukan judul dengan diksi yang menarik. Selain itu, diusahakan jangan terlalu clickbait karena itu akan membuat kualitas artikel kamu akan menurun. Diksi yang cocok tentu akan menghasilkan judul yang bagus. Jadi, perhatikan judulmu melalui diksi yang sempurna, sehingga nanti para pembaca akan tertarik untuk mengikuti tulisanmu.

2. Uraikan Pendapat Dengan Lugas

Nah setelah berhasil mendapatkan judul yang bagus, kamu tentu harus memikirkan tentang apa saja yang akan kamu tuangkan di dalam artikelmu itu. Untuk ini, ada baiknya kamu harus mengutarakan pendapat dengan sangat lugas sejak paragraf pertama. Paragraf pertama tentu merupakan paragraf penentuan bagi pembaca untuk memilih apakah hendak meneruskan bacaan atau meninggalkannya langsung. Sebab, apabila pembaca sudah tidak tertarik dengan paragraf pertama yang kamu buat, maka kemungkinan besar mereka akan langsung meninggalkan artikel kamu dan beralih ke artikel lainnya.

3. Tutup Dengan Kalimat Persuasi

Kalimat persuasi merupakan kalimat ajakan. Apabila artikel kamu mengenai tentang membangun bangsa Indonesia, maka ada baiknya kamu menutup artikel yang kamu tulis dengan kalimat persuasi. Sebab, dengan begitu maka pembaca akan merasa terdorong setelah membaca uraian pendapat kamu untuk melakukan sesuatu yang telah kamu tulis di dalam artikel tersebut. Dengan begitu, maka tidak menutup kemungkinan artikel kamu akan bermanfaat bagi pembaca dan tentu kamu senang apabila hal tersebut terjadi.

Nah, ada 3 tips yang ingin saya utarakan untuk dapat menulis artikel dengan lancar. Apabila dirasa bermanfaat, maka kamu dapat menyebarkannya di platform media sosial kamu. Terima kasih.

P.S. Oh ya, di Bizlab ada kelas copywriting untuk kamu yang butuh memperdalam skill ini, yuk lihat di sini.

Berikan komentar

Tanya
1
Butuh bantuan?
Halo,
Ada yang bisa dibantu?
Powered by