20 Tahun Berdiri, Ini Kisah Sukses Kuku Bima Sido Muncul

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Jakarta -

Kuku Bima, Salah satu produk unggulan dari PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk (Sido Muncul) sudah beredar di masyarakat selama 20 tahun. Produk dalam negeri ini juga sudah dinikmati konsumen di beragam negara.

Sido Muncul menggelar seremoni hari jadi ke-20 di Semarang pada Kamis (25/4) malam dengan tema 'Gathering Top 20 Grosir Kuku Bima'. Ada 20 gosir yang diundang dari beragam wilayah seperti Padang, Pekanbaru, Surabaya, Gresik, Pontianak, Batam, Banjarmasin, Medan, Palembang, Tangerang, Bangka, dan Pontianak.

Sebelumnya, mereka diajak berjamu ke Pabrik Sido Muncul di area Ungaran, Semarang. Para grosir tersebut memandang secara langsung proses produksi Kuku Bima dan produk unggulan Sido Muncul lainnya. Di puncak acara, digelar gala dinner di Hotel Tentrem Semarang.

Dalam seremoni itu juga dihadiri dan dimeriahkan para Brand Ambassador Kuku Bima, mulai dari Brand Ambasador paling pertama ialah Rieke Diah Pitaloka, kemudian ada Chris John, Shanty, Denada, hingga yang terbaru ialah Novia Bachmid. Para hadirin juga menyempatkan angan berbareng untuk almarhum Donny Kesuma yang juga merupakan Brand Ambassador Kuku Bima.

Selain itu, dalam menyambut seremoni hari jadinya yang ke-20 tahun, Kuku Bima juga mengadakan kejuaraan kreasi bungkusan yang bakal diproduksi secara terbatas alias limited edition. Nantinya bakal dipilih 15 pemenang favorit, 4 pemenang besar dan 1 pemenang utama karya terpilih. Launching bungkusan Kuku Bima dengan kreasi limited edition bakal ditampilkan saat gala dinner.

tagsite

Hari jadi Kuku Bima Sido Muncul ke-20di Semarang. (Foto: Angling Adhitya Purbaya)

"Saya merasa bangga dan berterima kasih terhadap pencapaian produk Kuku Bima hingga bisa berada di tahap ini. Semoga ke depannya semakin banyak penemuan dan buahpikiran imajinatif yang bisa dihasilkan agar Kuku Bima bisa semakin maju dan diterima di hati masyarakat," kata Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat, Kamis (25/4/2024).

Selain itu, jenis rasa dan kesuksesan Kuku Bima tidak lepas dari peran sang adik Sofyan Hidayat yang memimpin PT Muncul Mekar sebagai distributor.

"Peran Pak Sofyan Hidayat sangat besar dalam kehadiran Kuku Bima. Pak Sofyan yang mengubah rasa dari sebelumnya kurang lezat menjadi sangat lezat seperti sekarang. Pak Sofyan Hidayat melalui PT Muncul Mekar mempunyai peran besar dalam pengedaran produk-produk Sido Muncul, termasuk Kuku Bima," kata Irwan Hidayat.

Irwan dalam sesi panel talk juga menceritakan sejarah Kuku Bima yang mulai dijual sejak April 2004. Berbagai tantangan dihadapi termasuk ketika membikin iklan. Irwan juga menceritakan ketika meminta Mbah Marijan menjadi bintang iklan. Selain itu, ia juga terinspirasi oleh sosok petinju Chris John juga menjadi perhatian.

"Saya itu pernah stres lho, waktu itu jika Chris John kalah, saya hancur bener itu," ujar Irwan mengenang diiringi tawa hadirin, termasuk Chris John.

Dalam seremoni itu, Irwan mengenang perjuangan dalam penjualan produk Kuku Bima. Dia juga menyebut tim produksi hingga bagian iklan tetap solid. Irwan juga berjumpa dengan Dirut TVRI, Iman Brotoseno yang sebelumnya jadi director dalam pembuatan iklan Kuku Bima sejak 20 tahun lalu.

"Harapan saya di usia 21, 22, 23, 24 hubungan tetap ada," katanya.

tagsite

Direktur Sido Muncul melakukan tradisi pangkas tumpeng di seremoni HUT Sido Muncul. (Foto: Angling Adhitya Purbaya)

Salah satu Brand Ambassador Kuku Bima, Rieke Diah Pitaloka mengatakan rasa kekeluargaan terasa dalam tim. Ia mengenang momen ikut blusukan ke pasar-pasar 20 tahun lalu.

"Sudah seperti family di awal sudah fight bareng. Turun ke grosir-grosir. Blusukan gitu ya," ujar Rieke.

Kuku Bima, merupakan produk minuman yang dapat menambah stamina dan memelihara daya tahan tubuh. Produk ini sudah diekspor ke beragam negara seperti Malaysia, Nigeria, Brunei Darussalam, Afghanistan, Jordan dan beberapa negara lainnya.

Komposisi dibuat dengan bahan-bahan alami seperti Ginseng, Royal Jelly, Madu serta beragam macam vitamin, produk ini juga mempunyai beragam jenis rasa, mulai rasa Original, Anggur, Mangga, Kopi, Jambu, Jeruk, Nanas, Susu Soda, dan Anggur plus Vitamin C.

(adv/adv)